Mengenal Dan Merawat Anjing Siberian Husky

Posted on
siberian husky
wikimedia.org

Siberian husky merupakan anjing yang menarik, meskipun penampilannya nampak buas seperti serigala, siberian husky adalah anjing yang sangat ramah. Disamping itu anjing inipun juga sangat menyenangkan, mereka mempunyai karakter yang patuh, gemar bermain, dan lumayan cerdas dibandingkan dengan anjing lainnya.

Anjing ini memiliki keunikan yang sangat banyak, selain mereka mempunyai kecerdasan dan kelembutan walaupun penmpilannya terlihat sangar. Disamping itu siberian husky juga bisa hidup dikawasan beriklim apa saja (baik tropis, subtropis maupun dingin) meskipun mereka asalnya dari kawasan dingin.

Anjing siberian husky termasuk anjing yang cukup susah dilatih oleh majikannya karena mempunyai karakter keras kepala. Anjing siberian husky termasuk golongan anjing alfa dog yaitu bersifat pemimpin dan pengennya selalu didahulukan seperti halnya tentang makanan, disamping itu siberian husky juga tidak pengen didahului oleh anjing lain.

Meskipun siberian husky ini keras kepala tetapi anjing manis ini mempunyai banyak hal yang sungguh menyenangkan. Untuk Kamu yang baru saja memelihara siberian husky baik itu anakan ataupun dewasa yuk simak deh cara merawat siberian husky secara baik dan benar.

Hal-hal yang diperlukan untuk merawat anjing siberian husky

Makanan

Siberian husky adalah anjing yang aktif dan juga pekerja keras. Disamping itu mereka pun mempunyai ciri fisik dengan bulunya yang panjang. Karenanya kalau Kamu mempunyai anjing jenis ini, ada baiknya sesuaikan makanan dengan nutrisi yang tepat dan seimbang supaya kesehatan anjing tersebut dapat terjaga.

Berhati-hatilah dalam memilih makanan, umumnya makanan yang mengandung protein terlalu tinggi akan menyebabkan gatal gatal pada anjing Kamu.

Disebabkann siberian husky mempunyai bulu panjang yang indah, maka Kamu juga perlu untuk memberikan nutrisi makanan seperti halnya vitamin E. Fungsi makanan yang banyak mengadung vitamin E akan merangsang pertumbuhan rambut anjing Kamu, lebih dari itu vitamin E juga akan mencegah kerontokan pada bulu siberian husky Kamu.

Ada baiknya jangan pernah memakai makanan yang mempunyai kadar garam berlebihan kepada makanan anjing Kamu, karena hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan gangguan kerontokan bulu pada si husky.

Wadah makan dan minum

Gunakanlah wadah makanan/minuman khusus anjing yang dijual di toko-toko hewan maupun petshop untuk memberikan makanan. Fungsinya untuk membantu anjing Kamu untuk selalu tahu dimana makanan diletakan.

Agar tempat makanan anjing Kamu tidak terdapat bakteri yang bisa membahayakan kesehatan pada anjing, bersihkan tempat makannya setiap hari. Pakailah tempat makan dari keramik maupun stainless steal sebab bahan-bahan tersebut lebih gampang dibersihkan dibandingkan dengan bahan dari plastik. Sejumlah bahan yang digunakan untuk membuat tempat makan anjing bisa membahayakn siberian husky, jadi pastikan memakai bahan yang nyaman dan aman digunakan.

Kandang husky

Kaluu Kamu pengen si husky Kamu tak berkeliaran sembarangan, maka hal-hal yang perlu Kamu lakukan yaitu membelikan si anjing kandang yang nyaman. Menggunakan kandang yang nyaman adalah cara termudah dan terbaik mengajari si anjing mengenai konsep toilet training terutama untuk anjing siberian husky yang masih anakan (berumur muda), sebab pada dasarnya setiap anjing tak menyukai buang air ataupun berak di dalam kandangnya sendiri.

Disamping itu kandang pada anjing juga akan memberikan rasa nyaman pada saat si anjing ditinggal sendiri oleh majikannya. Agar tidak ada kuman maupun bakteri yang berbahaya di kandang tersebut Kamu harus membersihkan kandang anjing minimal dua hari sekali. Pakailah sabun cuci piring untuk membersihkan dan membunuh kuman-kuman yang ada.

Dan juga Kamu bisa memberikan tempat tidur didalam kandang anjing Kamu, sehingga mereka pun dapat tidur dengan nyaman. Disarankan memakai tempat tidur/alas tidur yang tidak menyerap air dan mudah dibersihkan.

Mainan anjing untuk dikunyah (chew toys)

Siberian husky merupakan anjing yang ramah, aktif dan gemar bermain. Kalau Kamu mempunyai anjing ini, sediakan mainan terbaik untuk mereka. Karena kalau Kamu tidak menyiapkan mainan untuk mereka, bisa jadi perabotan dirumah Kamu serta fasilitas rumah seperti sofa dan lemari akan digigit/dirusak oleh mereka. Jadi belikan mainan untuk dikunyah-kunyah chew toy, mainan ini mempunyai fungsi yang tak akan merusak gigi anjing Kamu.

Collar dan leash (tali khusus anjing)

Disamping mainan yang perlu Kamu berikan untuk anjing siberian kesayangan Kamu. Kamu juga perlu untuk membelikan collar dan leash untuk membiasakan anjing Kamu berjalan memakai tali khusus anjing.

Fungsi dari alat ini apa sih? Fungsinya supaya Kamu dapat menjaga si anjing saat di ajak keluar rumah pada waktu siang/sore hari. Gunakanlah collar model halter karena collar jenis ini merupakan jenis collar yang mengikat sampai bahu si anjing. Tali jenis ini tidak akan menyakiti leher anjing saat si anjing berusaha memberontak.

Memandikan Husky

Perawatan grooming untuk jenis anjing yaitu wajib di mandikan minimal satu bulan sekali. Shampo bayi dan shampo khusus untuk anjing sangat dianjurkan untuk grooming si anjing. Karena kalau memakai shampo orang dewasa akan membuat bulu anjing Kamu menjadi rontok dan juga kusam. Dan juga rajin rajinlah menyisir rambut anjing Kamu kalau terlihat kusut, karena jika dibiarkan begitu saja bisa membuat rambut anjing Kamu cepat kotor dan menjadi sarang bakteri pada tubuhnya.

Memandikan anjing ini juga berguna untuk menghilangkan kutu yang dapat membuat gatal-gatal dan luka, anjing seperti siberian husky perlu shampoo khusus untuk menjaga bulu-bulu mereka tetap sehat dan tidak rontok.

Pertanyaan umum yang sering diajukan

Makanan apa saja yang tidak boleh diberikan?

Untuk anjing siberian husky hindari memberikan makanan yang mengandung alkohol, kafein, coklat, alpukat, anggur, garam, dan cabe. Makanan tersebut umumnya dilarang diberikan untuk anjing siberian husky, karena bisa memberikan dampak buruk bahkan bisa menyebabkan kematian pada anjing. Meskipun ada sejumlah makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut meskipun kadarnya sedikit, sebisa mungkin dan lebih baiknya Kamu hindari.

Hal yang harus dilakukan saat melakukan perawatan?

Kamu perlu untuk selalu membersihkan area disekitar anjing husky Kamu. Karena pada dasarnya anjing jenis siberian husky tidak tahu saat dia berada dilingkungan bersih ataupun kotor. Disebabkan iklim tropis di indonesia, pada umumnya anjing husky sangat senang bermain air disekitarnya meskipun itu air seninya sendiri.

Nah kalau Kamu mengabaikan dan membiarkan anjing Kamu berada dilingkungan kotor. Maka Kamu pun harus bersiap-siap untuk membayar resikonya yaitu anjing Kamu akan terkena berbagai penyakit yang bisa membahayakan kesehatan anjing seperti bakteri, virus, serta jamur yang mematikan.

Dan ketika hal itu terjadi lakukan pertolongan pertama pada anjing Kamu, yaitu dengan menggromingnya memakai shampo khusus yang dijual diberbagai petshop maupun toko hewan. Disamping itu Kamu pun dapat membawa si anjing ke dokter hewan jika diperlukan.

Apa saja yang wajib Kamu lakukan supaya siberian husky Kamu tetap sehat?

Olahraga memang wajib dilakukan supaya anjing Kamu tetap terjaga kesehatannya. Tetapi ada lagi sejumlah hal yang wajib diperhatikan. Jangan sampai anjing Kamu diberikan makanan yang berlebihan, sebab kelebihan makanan pun akan membahayakan kesehatan si anjing. Gunakanlah takeran makanan yang seimbang dengan nutrisi sesuai.

Disamping itu Kamu juga wajib melakukan vaksinasi lengkap sejak si anjing masih kecil. Vaksinasi lengkap merupakan vaksin yang dilakukan secara bertahap sesuai anjuran yang dokter hewan berikan. Ketika membeli anjing baru selalu tanyakan dengan detail kepada penjual: apakah si anjing telah divaksin lengkap atau hanya sekali saja.

Biasanya banyak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli, seperti saat penjual anjing menjelaskan kalau anjingnya telah divaksin sehingga pembeli merasa kalau si anjing tersebut telah divaksin lengkap. Sebaiknya Kamu tanyakan lebih teliti lagi ya, apakah vaksin tersebut sudah lengkap atau belum. Biasanya dibuku vaksin telah tertera antara vaksin yang baru sekali dilakukan dengan vaksin yang telah dilakukan beberapa kali (vaksin lengkap).

Bagaimana sih cara melatih anjing siberian husky saya?

Untuk anjing siberian husky yang masih anakan sebaiknya Kamu melatih nalurinya untuk terbiasa buang air besar dan air kecil dihalaman rumah. Cara melatihnya lumayan gampang yaitu dengan secara rutin mengajaknya keluar rumah setiap pagi maupun sore hari ataupun ketika dia pengen buang air.

Nah ketika Kamu sedang melatih si husky harus memakai kata-kata seperti kata berikut “yes” jika boleh dilakukan, “No” jika tidak boleh dilakukan, “Good boy” dan “Good girl” jika berhasil melakukan perintah. Jika si anjing telah mengenali sejumlah kata seperti yang telah dijelaskan tadi, pastinya Kamu akan lebih gampang untuk melatih ketahap berikutnya.