Ini Dia Ciri-Ciri Reptil Serta Macam Ordonya

Posted on
ciri ciri reptil iguana
iguna (pixabay)

Kura-kura, ular, buaya, dan kadal termasuk jenis hewan reptil. Reptilia merupakan salah satu kelompok hewan yang sudah berumur ribuan tahun bahkan ada yang jutaan tahun alias sudah sangat tua. Sejumlah jenis hewan reptil bahkan telah eksis sejak zaman purba. Reptilia merupakan hewan darat yang bisa hidup di air. Kelompok hewan yang satu ini mewadahi beragam jenis hewan. Sebelum kamu mengetahui apa saja sih jenis-jenis reptilian itu, yuk simak dulu ciri-ciri reptil di bawah ini:

ciri ciri reptil penyu
penyu (pxhere)

  • Reptil adalah hewan yang bernapas dengan paru-paru. Oleh karenanya, reptil yang hidup di air (sungai dan laut) harus sering muncul ke permukaan untuk bernapas.
  • Kulit reptili umunya sangat keras, bersisik, dan kering.
  • Reptil bisa mempunyai kulit yang keras karena mempunyai zat kapur (zat kitin) kayak punyanya kura-kura.
  • Reptil adalah hewan berdarah dingin.
  • Reptil tidak dapat menghasilkan panas tubuh sendiri. Karenanya mereka akan berjemur di bawah terik matahari untuk menghangatkan badan mereka.
  • Reptil bergerak memakai perut (melata), seperti pada ular dan ada juga yang memakai keempat kakinya, seperti pada komodo, buaya, kadal, biawak, serta penyu.
ciri ciri reptil ular
ular (pixabay)

Mayoritas reptilia berkembang biak dengan bertelur, namun ada juga yang bertelur dan beranak. Proses pembuahan terjadi didalam tubuh induk betina (internal). Dalam bidang ilmu Biologi, jenis reptilia sendiri menjadi empat ordo, yaitu:

  1. Ordo Crocodilia (sebangsa buaya), yaitu buaya dan aligator.
  2. Ordo Ophidia (sebangsa ular), yaitu ular piton, ular sawah, dan ular pohon.
  3. Ordo Chelonia (sebangsa kura-kura), yaitu kura-kura dan penyu.
  4. Ordo Lacertilia (sebangsa kadal), yaitu komodo, kadal, tokek, bunglon, dan biawak.
ciri ciri reptil crocodile buaya
buaya (pixabay)

Itulah tadi ke-4 ordo yang ada didalam kelompok reptilia. Reptilia adalah salah satu filum didalam vertebrata (hewan bertulang belakang). Untuk tahu lebih lengkap nih kamu bisa kunjungi link ini.