7 Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Benar

Posted on

merawat kucing Anggora

Tahukah kamu merawat Kucing Anggora itu harus baik dan benar agar si kucing sehat dan merasa bahagia. Ada yang merasa kalau cara merawatnya selama ini sudah baik tetapi ternyata tidak benar. Setiap kucing mempunyai cara perawatan masing-masing yang mana perawatan tersebut tujuannya untuk menjaga si kucing dari berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatannya. Meskipun harganya mahal, tapi ternyata Kucing Anggora ini mempunyai cara perawatan yang gampang sehingga Kamu tak akan kerepotan dengan perawatan Kucing Anggora ini. Hanya diperlukan beberapa jam sehari supaya Kamu dapat merawat Kucing Anggora dengan baik. Yuk, simak cara memelihara/merawat Kucing Anggora yang baik dan benar dibawah ini:

1. Memberikan makanan yang tepat

makanan kucing angora  - 7 Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Benar
Sumber: Pinterest

Perawatan yang pertama kali yaitu dengan memberikan makanan yang tepat. Makanan yang tepat ini merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan Kucing Anggora Kamu. Di Pet Shop banyak sekali makanan serta minuman yang memang dikhususkan untuk Kucing Anggora ini. Kamu dapat memilih makanan apa yang cocok untuk diberikan kepada Kucing Anggora kesayangan Kamu. Hal itu disebabkan tidak semua produk makanan yang ada baik dan cocok untuk kesehatan kucing Kamu. Jika kucing Kamu mempunyai riwayat alergi makanan, sangat disarankan untuk selektif mengenai makanan. Bacalah komposisi makanan apakah ada kandungan bahan yang dapat membuat kucing Kamu menjadi terkena alergi. Khusus untuk Kucing Anggora ini jangan diberi makanan yang basah (wet food) sebab makanan tersebut tidak bagus untuk bulu sikucing dan membuat umur Kucing Anggora lebih pendek.

2. Memberikan minuman yang tepat

DIsamping makanan yang tepat, Kamu juga wajib memberikannya minuman yang tepat. Meskipun susu dikatakan sebagai minuman yang baik untuk kucing tapi kalau diberikan berlebihan tetap saja akan menggangu kesehatan si kucing. Susu yang berlebihan dapat membuat Kucing Anggora terkena diare dikarenakan kandungan laktosa di dalam susu. Kucing Anggora pun bisa menderita kerontokan bulu serta gatal-gatal di kulit saat mempunyai alergi. Jangan memberikan susu untuk manusia kepada kucing sebab kandungannya berbeda. Kalau mau memberikan air minum untuk si Kucing Anggora, sebaiknya berikanlah air yang matang dan jangan memberikan air mentah karena adanya kandungan bakteri dalam air mentah.

3. Menyimpan Makanan dengan Baik

Hal yang tidak boleh disepelekan yaitu cara menyimpan makanan. Penyimpanan makanan yang salah dapat membuat kesehatan kucing tersebut menjadi terganggu. Berikut ini cara menyimpan makanan Kucing Anggora yang benar, yuk cek dibawah:

  • Pastikan Wadah Penyimpanan Selalu Kering

Makanan Kucing Anggora wajib disimpan dalam tempat yang kering. Jangan sekali-kali menyimpan makanan di ruangan lembap, karena kondisi yang lembap akan membuat bakteri serta jamur muncul di makanan tersebut. Meski tanggal kadaluwarsa (expired date) yang tertera masih lama, tempat yang lembap bisa membuat makanan ditumbuhi bakteri patogen sehingga tak bagus kalau diberikan ke kucing.

  • Bersih dan Tertutup

Cara merawat Kucing Anggora berikutnya yaitu menyimpan makanan di tempat yang bersih dan tertutup. Wadah yang bersih dan tertutup tersebut berguna untuk mencegah makanan terkena terkontaminasi dari mikroorganisme yang dapat membuat kualitas makanan menurun.

  • Hindarkan dari Sinar Matahari langsung

Cara selanjutnya yaitu menghindarkan dari sinar matahari langsung. Sinar matahari tersebut dapat membuat makanan kucing menjadi rusak sehingga tidak layak dikonsumsi kucing karena sudah tak memenuhi standar keamanan makanan.

  • Simpan didalam Kulkas

Selanjutnya yaitu menyimpan makanan di dalam kulkas. Kulkas dapat mencegah makanan dari mikroorganisme dan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan makanan. Yang wajib diperhatikan di sini yaitu jangan sampai Kamu mencampurkan makanan tersebut dengan makanan Kamu.

4. Memberikan Obat Cacing

obat kutu kucing

Obat cacing tidak hanya untuk manusia tapi juga wajib diberikan ke Kucing Anggora Kamu. Sedikitnya antara 2 sampai 4 kali setahun Kamu wajib memberikan obat cacing ini terlebih lagi kalau Kucing Anggora peliharaan Kamu suka bermain di luar rumah. Pasir dan tanah dapat membuat kucing Kamu terkena cacingan. Supaya tidak salah dalam memberikan obat cacing ini, Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan langganan Kamu.

5. Membersihkan Kandang Secara Teratur

Supaya kesehatan kucing Kamu lebih terjaga sebaiknya Kamu selalu membersihkan serta mencuci kandang kucing secara teratur. Membersihkan kandang kucing dari kotoran kucing dapat Kamu lakukan sebanyak dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Sedangkan mencuci kandang dapat dilakukan selama seminggu sekali. Kandang yang terlalu kotor dapat membuat kucing terkena gangguan pernapasan.

6. Menjemur Kandang Kucing

Sesudah Kandang di cuci, langkah berikutnya yang wajib Kamu lakukan yaitu menjemurnya di bawah sinar matahari sampai benar-benar telah kering. Kandang yang tak dijemur di bawah sinar matahari dapat membuat kandang menjadi lembap dan ditumbuhi jamur. Sesudah kandang kucing telah kering langkah berikutnya yaitu menyemprotkan cairan desinfektan supaya kandang kucing benar-benar steril.

7. Memberikan Vaksin

Vaksin pada kucing berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Mungkin selama ini pecinta kucing hanya berpikir bagaimana sih cara membuat kucing gemuk, tetapi gemuk itu belum tentu sehat. Oleh sebab itu supaya kesehatan selalu terjaga jangan lupa memberikan vaksin untuk kucing peliharaan Kamu. Jika kucing tidak gampang sakit, Kamu akan menghemat biaya perawatan yang mana kalau kucing sakit dapat dipastikan biaya pengobatannya pasti lebih mahal. Vaksin yang diberikan untuk Kucing Anggora yaitu vaksin herpes, vaksin leukemia serta vaksin rabies. Daya tahan kucing bisa menjadi lemah jika si kucing tersebut tidak divaksin, terutama kalau kucing tersebut terkena rabies maka bisa membuat manusia tertular.

Merawat Kucing Anggora maupun kucing kesayangan yang lain harus sepenuh hati. Kucing merupakan makhluk hidup yang harus Kita jaga dan juga sayangi. Jangan sampai karena salah perawatan, nyawa kucing malah menjadi taruhannya.