10 Ciri-Ciri Murai Murai Batu Medan Yang Asli

Posted on

murai batu medan

Murai Batu Medan adalah jenis burung yang menurut klaim banyak orang sebagai jenis Murai Batu paling sering dicari. Hal ini dikarenakan burung ini disamping memiliki bentuk tubuh yang eksotis dengan ekor yang panjang, juga memiliki kualitas kicauan yang istimewa. Oleh karena itu burung Murai Batu medan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi alias mahal.

Burung Murai Batu Medan faktanya hanyalah sebuah istilah yang merujuk pada seekor murai yang memilikii ekor panjang. Sebab Murai Batu jenis ini tidak hanya didatangkan dari Medan saja tetapi juga dari daera lainnya seperti dari Aceh (Tangse, Pidie, Langkat, Sabang, dan daerah aceh lainnya), Padang Sidempuan, serta daerah lainnya. Bahkan terkadang burung ini juga didatangkan dari Semenanjung Malaysia.

Karena Murai Batu Medan identik dengan Murai Batu ekor panjang, maka sering kali pedagang yang nakal akan berbuat curang dengan cara menyambung ekor burung Murai ekor pendek supaya kelihatan panjang. Hal ini dimaksudkan supaya pedagang mendapatkan keuntungan yang tinggi dari penjualan Murai Batu ekor pendek yang sudah dimodifikasi.

Kecurangan lainnya yang sering kali dilakukan pedagang nakal yaitu menjual Murai Batu Lampung tapi diakui sebagai Murai Batu Medan. Bahkan Murai Batu Medan hasil silangan pun akan diklaim sebagai Murai Batu Medan kalau mempunyai ekor panjang dan motifnya mirirp motif ekor Murai Batu Medan.

Karenanya diperlukan ketelitian serta kehati-hatian yang ekstra supaya Kamu tak tertipu ketika membeli Murai Batu Medan di pedagang. Karena pada dasarnya, Murai Batu Medan ini memiliki ciri khas yang sama sekali berbeda dibandingkan Murai Batu lainnya. Oleh karena itu, mengetahui ciri Murai Batu Medan asli merupakan sebuah kewajiban untuk Kamu yang mau hunting Murai Batu Medan.

Ciri-ciri Murai Batu Medan ini sangatlah khas. Tapi jika Kamu belum paham betul tentang ciri-ciri Murai Batu Medan ini, Kamu akan dibuat kerepotan. Karena, ciri-ciri Murai Batu Medan dapat mirip dengan ciri Murai Batu lainnya. Tapi dengan mengingat serta menghafal sejumlah poin berikut ini, Kamu tak usah ragu lagi. Jadi langsung saja, simak deh ciri-ciri Murai Batu Medan berikut ini.

pola ekor: ciri ciri murai batu medan
pola ekor murai batu medan

  1. Murai Batu Medan memiliki bentuk kepala yang sangat bagus. Bahkan saat  badan berdiri tegak, kepala burung akan nampak lebih sempurna lagi.
  2. Dilihat dari posturnya, Murai Batu Medan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Murai Batu jenis lain. Meskipun begitu, bentuk tubuhnya tetaplah ideal dan serasi dengan panjang ekornya.
  3. Mempunyai ekor panjang berukuran antara 14cm sampai 27cm (tergantung indukannya). Dan bentuknya melengkung (contoh pada gambar di atas).
  4. Badan berdiri tegak, seperti burung cendet. Kalau bertarung, posisi badan akan lebih kelihatan.
  5. Warna hitam pada Murai Batu Medan yang sangat kontras mengkilat. Bahkan kalau dijemur serta terkena matahari, akan memancarkan warna efek sinar kebiru-biruan.
  6. Motif ekor Murai Batu Medan yaitu empat pasang bulu berwarna putih tegas yang terdapat pada kanan kiri ekor. Dan ada strip berwarna hitam membelah secara horizontal dari pangkal ekor. Terkadang corak putih ini membentuk huruf “U” yang terpotong di bagian tengah.
  7. Kalausudah tua, bentuk kaki Murai Batu Medan akan tertekuk mirip belimbing.
  8. Warna kaki Murai Batu Medan sering kali ditemukan berwarna merah kecokelatan. Tapi tidak jarang juga ditemukan kaki yang berwarna hitam.
  9. Volumenya sangat keras serta ngebas
  10. Suara kicauan dari Murai Batu Medan lazimnya lebih bervariasi.

Demikian tadi ciri-ciri Murai Batu Medan yang bisa Kamu jadikan acuan jika Kamu mau membeli Murai Batu Medan. Semoga bermanfaat ya teman-teman sekalian, ingat jangan sampai ketipu ya.