Mengenal Warna Kenari Yang Bagus Berdasarkan Jenisnya

Posted on

warna kenari yang bagus

Burung Kenari dulu pernah menjadi burung yang mendominasi dunia pasar burung di Indonesia. Namun, sesudah datang berbagai macam burung berkicau jenis baru seperti Lovebird, Murai Batu, Kacer, serta Branjangan membuat burung ini secara perlahan turun popularitasnya.

Meskipun begitu, ternyata burung ini masihlah menjadi kebangaan serta burung idola untuk sebagian orang buat dipelihara (open-open/klangenan) di rumahnya.

Kalau ngomongin tentang kemampuan berkicau serta keragaman jenisnya, burung kenari cocok sekali untuk dijadikan sebagai burung kicauan idola atau klangenan (bahasa jawa) Kamu.

Karena semua jenis kenari tak hanya mempunyai suara gacor serta merdu, tapi juga diberikan tubuh indah lewat warna bulu kenari yang bagus dan tegas yang bisa memanjakan mata orang-orang yang melihatnya.

Ada berbagai jenis Kenari di Dunia, dari jenis Kenari Yorkshire, Kenari Border, Kenari Gloster, Kenari Norwich, sampai Kenari Roller. Burung Kenari sudah menjadi burung yang paling banyak meramaikan pasar burung di Indonesia.

Mengenai kemampuan yang dipunyainya, burung ini mempunyai suara kicauan yang merdu dan jika dilatih dapat menjadi burung juara. Karenanya, kamu tak perlu heran jika burung kenari banyak dipelihara oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Setiap orang yang menyukai burung kicauan pasti tahu burung Kenari ini, baik itu pria atau wanita. Mayoritas dari mereka memeliharanya hanya sebagai hobi semata. Disamping itu ada juga yang memelihara burung kenari sebagai pemasukan alias sumber penghasilan dengan jalan diternakkan. Karna dengan membiakan burung kenari, ada peluang bagus ke depannya. Yaitu melalui penjualan anakan burung kenari.

Burung kenari banyak disukai dikarenakan suara kicauannya yang merdu sekali. Selain itu warna bulu kenari juga bagus dan mempesona. Alasan lainnya memaster burung Kenari termasuk mudah.

Jenis Burung Kenari

Awalnya burung kenari ini habitatnya di hutan yang terbuka. Dalam kesehariannya mereka memakan biji-bijian, buah, serangga kecil, serat kayu, serta daun daunan.

Namun di zaman modern sekarang ini, keberadaan burung ini telah dilindungi dengan baik. Konon ada yang mengatakan kalau jenis Kenari itu berasal dari perkawinan silang yang berawal 500 tahun yang lalu.

Sehingga menghasilkan bakalan baru dari induk kenari, dan dari setiap jenisnya mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Jadi tidak mengherankan kalau burung ini banyak dipelihara. Karna setiap burung Kenari mempunyai keunggulan masing-masing.

Jika dilihat dari faktor kicauan, bentuk tubuh, ataupun kecantikannya. Yang asalnya dari warna kenari yang bagus dan beragam, ada kuning, merah dan ada pula hijau. Meskipun mesti membeli burung kenari dengan harga yang terbilang mahal.

Meskipunbegitu para pembeli tak akan merasa keberatan. Karena memelihara burung Kenari termasuk suatu kebanggaan tersendiri diantara kalangan pecinta burung. Oh ya btw, negara Belanda itu adalah pengekspor kenari terbesar ke Indonesia.

Para peternak Belanda mulanya mendatangkan Kenari dari negara Inggris, Belgia, serta Jerman. Lalu semuanya dikawinkan silang dengan jenis Kenari yang liar. Dari persilangan kenari tersebut menghasilkan jenis kenari sebagai berikut:

1. Kenari Yorkshire

yorkshire canary kenari yorkshire

Kenari Yorkshire adalah jenis burung import yang berasal dari Inggris, Eropa, Jerman dan lain sebagainya. Burung kenari ini jika dilihat secara keseluruhannya akan tampak begitu mempesona, berdirinya tegak, kakinya panjang. Serta warna burung ini termasuk dalam warna kenari yang bagus dan cantik.

Mempunyai panjang tubuhnya sekitar 16 cm. Bulunya berwarna kuning emas, dan memberikan kesan elegant sekali sehingga para pecinta burung banyak suka burung ini.

Ada yang mengatakan kalau kenari Yorkshire adalah hasil dari persilangan antara Kenari Belgia dan kenari Lancashire.

Jika dilihat dari kicauanya, burung kenari jenis ini tak kalah dengan jenis yang lain. Karna suara burung jenis ini tidak kalah merdu bahkan burung kenari dapat gacor serta panjang durasinya.

Namun sekali lagi, semua ini tergantung dari cara pemilik dalam memelihara serta melatih burung ini. Memelihara burung ini supaya jinak dan gacor bukanlah hal yang mudah. Butuh ketelatenan yang lebih, supaya perkembangan mentalnya terlihat bagus.

Saat merawatnya kamu harus rajin membersihkan sangkarnya, supaya tak terlalu kotor. Dan gunakanlah sangkar dari bahan yang kuat dan besar supaya tak gampang rusak.

Untuk membuat burung ini lincah dan aktif berikanlah pakan berupa biji-bijian, canary seed, tulang sotong, ataupun roti kering. Dapat juga diberikan buah serta sayuran.

Berikan nutrisi serta vitamin secukupnya supaya tubuh kenari Yorkshire selalu sehat dan kebal dari serangan penyakit.

Terakhir tidak boleh dilupakan, perhatikan cara memandikan, menjemur dan cara masterannya. Semua ini wajib dilakukan supaya burung peliharaan kamu tidak kalah bersaing saat mengikuti kontes burung.

2. Kenari Border

kenari border canary border

Jenis burung Kenari yang satu ini juga populer di Indonesia. Mmepunyai postur yang unik, yaitu bulat lalu ukurannya cenderung kecil sekitar 14 cm.

Kalau diamati bulunya kelihatan cantik, biasanya berwarna kuning kecoklatan, ini merupakan warna kenari yang bagus. Kenari Border sendiri mempunyai karakteristik pendiam alias pemalu.

Disamping itu jenis ini juga lumayan susah untuk ditangkarkan. Untuk menghindari stress disarankan jangan didekatkan dengan burung yang cerewet yaitu Parkit ataupun Lovebird.

Untuk perawatannya lebih baik jika burung ini ditaruh pada kandang yang cukup luas, khusus, serta tinggi. Tujuannya agar kualitas suaranya semakin bagus. Jangan lupa untuk memandikannya sehari sekali.

Rajin-rajinlah membersihkan sangkar supaya bulunya tak tampak kotor. Dan berikanlah pakan yang bernutrisi seperti sayuran dan biji-bijian agar kesehatannya terjaga.

3. Kenari Norwich

norwich canary kenari norwich

Kenari Norwich mempunyai nama latin Serinus canaria domesticus. Jenis kenari Norwich ada 2 macam, yaitu yang mempunyai kepala polos alias versi standar dan jenis berjambul

Untuk jenis berjambul mempunyai ciri-ciri yaitu bentuk tubuhnya yang kebulatan, punggung yang lebar dan pendek, serta bulunya yang kelihatan tebal.

Ciri-ciri umum kenari Norwich yaitu pada bagian ekor, sayap, dan paruhnya pendek. Untuk warna ada yang kuning, putih dan hijau. Itu adalah warna kenari yang bagus.

Tapi yang paling banyak ditemukan yaitu yang berwarna hijau. Untuk panjang tubuhnya dari paruh sampai ujung ekor bisa mencapai 16 cm.

Makanan Kenari Norwich yang sangat disukai yaitu canary seed dan rapeseed. Untuk menjaga kesehatannya berikanlah vitamin, sayuran, dan sotong secara rutin.

Sediakanlah kandang yang ada tangkringannya. Dan letaknya agak tinggi supaya burung ini bisa melihat ke bawah ketika bernyanyi.