Mengenal Perilaku Kebiasaan Hamster

Posted on

hamster lucu 200x135 - Mengenal Perilaku Kebiasaan Hamster

Memelihara hamster adalah kesenangan tersendiri. Disamping lucu mereka juga cocok untuk dijadikan teman bermain. Tapi sebelum terlibat interaksi dengan hamster, Kamu perlu tahu kebiasaan si hamster agar Kamu bisa bersosialisasi dengan si kecl imut ini.

Kebiasaan Hamster

a. Aktif pada Malam Hari

Hamster adalah hewan yang aktif pada malam hari dan beristirahat pada siang hari (nokturnal). Satwa mungil ini sangat tidak tahan panas. Hamster akan mati jika terpapar teriknya matahari. Apalagi jika dalam waktu yang panjang. Ketika matahari tenggelam, barulah hewan ini keluar dari lubang persembunyian untuk melakukan aktivitas. Di dalam gelap, hamster akan mencari makan,mencari pasangan, dan bermain. Ketika menjelang pagi, aktivitasnya akan berhenti. Hamster akan kembali ke dalam lubang untuk tidur sepanjang hari sampai malam kembali datang.

Kebiasaan ini terbawa hingga hamster dipelihara di dalam kandang. Umumnya, hamster berdiam diri atau tidur saat siang hari. Meski demikian, banyak hamster yang cukup aktif di dalam kandang saat siang hari. Hal ini disebabkan adaptasi hamster dan keturunannya setelah sekian lama dipelihara manusia.

b. Senang Menjaga Kebersihan

hamster mandi pasir
hamster mandi pasir untuk membersihkan bulu

Di habitat aslinya, hamster merupakan hewan yang sangat disiplin dalam menjaga kebersihan. Hal ini tercermin dari desain lubang tempat tinggalnya yang memiliki beberapa lubangkhusus didalamnya. Misalnya, lubang khusus untuk menyimpan makanan, lubang untuk tidur, dan lubang untuk tempat membuang kotoran. Kebiasaan seperti ini jarang dimiliki hewan lain. Hal ini juga dilakukan hamster ketika dipelihara dalam kandang. Hamster yang diberi tempat khusus untuk buang air atau kotoran tidak akan membuang air atau kotoran di sembarang tempat.

Selain menyukai kebersihan lingkungan, hamster juga sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Kebiasaan hamster yang sering terlihat adalah berguling-guling di atas pasir bersih selama beberapa waktu. Setelah itu, hamster akan menggoyang-goyangkan tubuhnya (bergidik) untuk melepaskan butir pasir yang menempel di bulunya. Aktivitas ini merupakan salah satu tingkah lucu hewan ini yang dapat dinikmati pemiliknya.

c. Menimbun Makanan di Dalam Mulut

Hamster memiliki kebiasaan menimbun makanan di dalam mulutnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hewan ini dilengkapi mulut berkantong elastis di bagian pipinya yang berguna untuk menyimpan makanan sebelum diletakkan di tempat hamster biasa menyimpan makanan. Biasanya, hamster membawa makanan ke bagian sudut kandang, tepatnya di bawah tumpukan alas kandang. Pada saat melakukan aksi ini, pipi hamster ini menjadi tampak membengkak. Kita yang melihatnya akan merasa tergelitik dengan kelakuannya tersebut.

Di habitat aslinya, hamster justru melakukan aksi mengembungkan pipi -dengan cara menghimpun udara di dalam mulut- untuk menakuti musuhnya. Dengan cara tersebut, hewan lain yang melihatnya akan mengira tubuh hamster berubah menjadi lebih besar. Akibatnya, musuh pun merasa takut dan mengurungkan niatnya menyerang. Sementara itu, hamster betina memiliki kebiasaan mengangkut bahan untuk membuat sarang atau alas tidur di dalam mulutnya. Hal ini dilakukan manakala hamster betina akan melahirkan.

d. Tidur Telentang

hamster sleeping 200x135 - Mengenal Perilaku Kebiasaan Hamster

Selain tidur dengan menggulungkan tubuh, hamster juga memiliki kebiasaan tidur telentang. Pose hamster yang sedang tidur telentang cukup menggelitik karena terlihat lucu. Bahkan, salah satu jenis hamster, yakni hamster syrian, memiliki kebiasaan tidur yang unik. Jika diangkat secara perlahan menggunakan tangan, hamster ini bisa tetap tertidur dan tidak bereaksi sama sekali. Pernah ada hobiis yang “tertipu” dan mengira hamster syriannya mati, padahal hanya sedang tidur.

e. Berdiri di Atas Kedua Kaki Belakang dan Kumis yang Bergerak-gerak

Hamster berdiri
Hamster berdiri

Baik di habitat asli maupun di dalam kandang, hamster sering terlihat berdiri hanya bertopang di atas kedua kaki belakangnya. Sementara itu, kedua kaki depannya diletakkan di depan dadanya. Hidungnya terlihat mengendus endus sedangkan kumisnya tampak bergerak gerak. Kebiasaan hamster tersebut sebenarnya dilakukan untuk mengenali sesuatu yang menarik perhatiannya. Maklum, hamster termasuk hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi Kebiasaan ini merupakan salah satu hal menarik dari hamster.

f. Berlari lari di Dalam Kincir Putar atau Roda Berjari

hamster threadmill 200x135 - Mengenal Perilaku Kebiasaan Hamster

Hamster sangat senang bermain kincir putar atau roda berjari. Itu sebabnya, mainan ini paling banyak menghiasi kandang hamster. Hamster akan berlari-lari di dalam kincir putar layaknya manusia yang sedang berolahraga menggunakan threadmil. Biasanya, hamster bermain kincir putar selama 10-15 menit lamanya. Tentunya, diselingi dengan aktivitas lain. Pantas saja jika banyak hobiis yang rela menghabiskan waktu berlama-lama menyaksikan
hamster miliknya bermain menggunakan kincir putar.

g. Mengupas Makanan Sambil Telentang

Hamster juga senang mengupas biji-biji kecil atau makanan jenis kacang-kacangan menggunakan kaki depannya. Kebiasaan seperti ini mengundang perasaan lucu bagi kita yang melihatnya. Hampir semua jenis hamster memiliki perilaku seperti itu.

h. Saling Gigit Sesama Hamster

hamster saling gigit
hamster bermain saling gigit

Hamster-hamster yang berada dalam satu kandang biasanya senang bermain bersama. Satwa lucu itu terlihat saling berkejaran, berguling-guling, dan saling menggigit. Biasanya, bagian tubuh yang sering dijadikan sasaran gigitan adalah kaki depan, pundak, leher, dan kepala bagian belakang.

Kebiasaan ini umumnya tidak meninggalkan luka karena hanya gigitan kecil atau main-main. Namun, ada kalanya aksi bermain seperti itu mengarah ke dalam perkelahian serius. Hamster yang terkena gigit akan merasa sakit. Hal ini ditandai dengan keluarnya suara mencicit yang terdengar nyaring dan panjang. Hamster yang berkelahi harus segera dipisahkan agar tidak menimbulkan luka serius.

i. Meloncat ke Belakang (Salto)

Kebiasaan lain yang unik dan lucu dari hamster adalah suka meloncat ke (salto). Kebiasaan ini disebabkan oleh kelainan genetik pada hamster. Kelainan genetik ini dapat terjadi pada semua jenis hamster. Bagi hobiis yang hanya ingin memelihara hamster hal ini, memang sangat menghibur. Namun, bagi hobiis yang menernakan hamster ini, hal ini justru tidak baik. Pasalnya, jika indukan hamster yang sedang hamil senang untuk salto, bisa berbahaya bagi anak yang dikandungnya.

Bemain-main dengan Hamster

memegang hamster
memegang hamster

Sosoknya yang imut dan ukuran yang tidak terlalu besar membuat banyak orang tertarik untuk bermain-main dengan hewan ini. Selain memperhatikan hamster bermain di dalam kandang, banyak hobiis yang suka mengangkat hamster dan meletakkan di tangan Tentunya cara memegang hewan ini tidak boleh sembarangan agar tidak melukai atau membuatnya cedera. Usahakan saat mengangkat hamster, seluruh bagian tubuhnya terpegang dengan sempurna sehingga hamster tidak mudah berontak dan jatuh saat diangkat.