Mengenal Jenis Kucing Anggora

Posted on

jenis kucing anggora warna putih mata kuning emas

Untuk penggemar kucing, tentunya kenal dengan jenis yang satu ini. Anggora adalah jenis kucing yang mempunyai bulu yang panjang serta berat tubuh antara 3 – 8.5 kg. Mempunyai karakter yang cerdas, ramah, cerdas, dan sangat aktif berinteraksi dengan anggota keluarga pemiliknya membuat si kucing anggora ini semakin popular sebagai hewan peliharaan di rumah.

Dari berbagai macam jenis kucing anggora yang ada, paling banyak dicari sebagai peliharaan yaitu anggora yang berwarna putih. Selain karena keindahan bulu-bulunya yang bersih, kucing ini juga mempunyai bola mata yang berbeda warna diantara kedua matanya (sebelah berwarna biru dan sebelahnya lagi kekuning-kuningan). Tapi sebenarnya yang kayak gini biasanya punya kecenderungan tuli, terutama di bagian telinga yang berada pada mata biru.

Asal usul dari kucing anggora memang masih menjadi misteri, walaupun jenis kucing berbulu panjang sudah ada berabad-abad terutama pada Negara-negara timur tengah. Mulanya jenis kucing ini bernama Ankara, sebuah kota di Negara Turki. Namun setelah kota itu berubah menjadi angora maka kucing jenis ini juga berganti nama.

Perawatan kucing anggora

Kebanyakan kucing sangat menyukai kebersihan, begitu pula dengan jenis kucing anggora. Karenanya, perawatan penting yang paling utama yaitu selalu memandikannya secara rutin dan menjaga kondisi kandang selalu bersih.

Bulu-bulu yang panjang pada anggora wajib dirapihkan dan disisir saban hari untuk menjaga kecantikan serta keindahan kucing. Memberikan makanan yang mengandung gizi dan vitamin untuk menjaga kondisi kesehatan serta tentunya akan lebih kebal alias imun dari serangan penyakit.

Penyakit yang sering menyerang kucing anggora

Karena kucing anggora adalah jenis kucing ras alami, maka kucing ini sangat kuat dan tak punya masalah kesehatan tertentu. Namun memang ada sejumlah penyakit ataupun gangguan yang sering menyerangnya, diantaranya:

  • Tuli
  • Feline hypertropic cardiomyopathy
  • Ataksia
  • Limfoma
  • Luxating patella

Ragam warna bulu kucing angora

#1. Kucing anggora (berwarna tabby tutul hitam perak)

jenis kucing anggora warna tabby tutul hitam perak  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#2. Kucing anggora (berwarna putih mata kuning emas)

 jenis kucing anggora warna putih mata kuning emas

#3. Kucing anggora (berwarna tortoiseshell hitam asap)

 jenis kucing anggora warna tortoiseshell hitam asap  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#4. Kucing anggora (berwarna asap biru)

 jenis Kucing anggora Warna asap biru  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#5. Kucing anggora (berwarna hitam)

 jenis Kucing anggora warna hitam  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#6. Kucing anggora (berwarna torbie hitam dan putih)

 jenis Kucing anggora warna torbie hitam dan putih  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#7. Kucing anggora (berwarna tabby bercak cokelat)

 jenis Kucing anggora warna tabby bercak sokelat  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

#8. Kucing anggora (berwarna torbie krem biru dan putih)

 jenis kucing anggora warna torbie krem biru dan putih  - Mengenal Jenis Kucing Anggora

Berbagai jenis warna bulu kucing angora diatas sudah diakui oleh organisasi Fife (Fedaration International Feline) yaitu lembaga pendaftaran dan pengakuan ras kucing serta LOOF (Livre Officiel des Origines Félines). Tapi ada sejumlah jenis warna kucing yang belum diakui, diantaranya: warna kayu manis, liliac, cokelat, warna point, mink, dan sepia.