Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Posted on

pomeranian 1 - Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Anjing ras pomeranian ini berasal dari kawasan Eropa Utara, pasnya di daerah Pomerania. Para tokoh dunia yang pernah memelihara anjing jenis ini antara lain Martin Luther King, Mozart, Isaac Newton, serta Michael Angelo.

Anjing pomeranian mulai dikenal oleh public Inggris pada saat Putri Sophie Charlotte melangsungkan pernikahan dengan Raja George ke-3 dan membawa juga anjing pomeranian-nya yang mempunyai berat 5 kg. Ketika itu, anjing jenis ini hanya terkenal di kalangan bangsawan saja. Tapi cucu Putri Sophie, yakni Ratu Victoria yang adalah penggemar anjing, ikut serta membuatnya populer. Ratu Victoria pertama kali menjumpai anjing jenis saat berada di Italia tahun 1888. Pomeranian miliknya mempunyai bobot lebih kecil dibandingkan punya neneknya, yakni berbobot 2,5 kg. Mulai saat itu, pomeranian berukuran lebih kecil paling banyak dikembangbiakkan.

Dipengaruhi oleh kesukaan Ratu Victoria dengan pomeranian berukuran kecil, penduduk Inggris pun turut serta menggemari anjing favorit ratu mereka. Sampai tahun 1930-an, anjing ras jenis pomeranian terbanyak mengikuti acara lomba dan pameran anjing yang diselenggarakan di Inggris. Karena standar pembiakkan yang diterapkan pada waktu itu, muncullah lebih banyak warna-warna dari anjing pomeranian.

Pada tahun 1888, anjing jenis pomeranian ini mulai dikenal masyarakat Amerika.

Ciri-ciri fisik dan karakter

pomeranian 2 - Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Tinggi rata-rata anjing pomeranian mencapai 17-30 cm, dan berat badannya antara 1,5-3 kg. Pomeranian dikenal sebagai anjing kecil yang mempunyai kepribadian besar. Mereka merupakan anjing yang bersemangat, lucu, serta menggemaskan. Mereka juga mandiri dan bukanlah jenis anjing pemalu meskipun bertubuh kecil dan lucu. Warna anjing pomeranian pun juga sangat beragam. Ada yang merah, putih, jingga, biru, krem, cokelat, serta hitam. Gonggongan anjing ini sangat keras dan mereka juga dapat dijadikan sebagai anjing penjaga.

Jenis makanan (diet)

pomeranian food - Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Anjing pomeranian membutuhkan diet yang berbeda seiring dengan pertambahan usianya. Pomeranian yang masih anak-anak membutuhkan nutrisi kaya protein untuk mendukung pertumbuhan mereka. Setelah dewasa, mereka memerlukan diet ketat untuk menghindari kelebihan berat badan saat berusia tua. Sebisa mungkin berikan makanan yang mengandung kandungan kimia buatan agar asupan gizi ke dalam tubuh mereka optimal.

Jika kamu mau mengganti jenis makanan untuk anjing pomeranian barumu, lakukanlah dengan pelan bertahap. Contohnya pemilik sebelumnya memberikan makanan anjing instan dan Kamu mau memberikan makanan yang dimasak sendiri, pergantian ini sebaiknya dilakukan secara bertahap selama 5 minggu.

Minggu pertama, gantilah 1/4 makanan lama dengan makanan baru. Minggu kedua, ganti 1/3 makanan lama dengan makanan baru. Lanjutkan terus minggu berikutnya ditambahi makanan baru dengan porsi lebih banyak dari minggu sebelumnya. Hingga akhirnya sampai minggu ke 5 makanan benar-benar baru 100%.

Makanan anjing instan yang banyak dijual di supermarket atau petshop umumnya dicampur dengan bahan-bahan ‘pengisi’ kayak biji-bijian, jagung, beras, kulit biji-bijian, serta jerami. Bahan-bahan pengisi ini tidak berguna untuk anjing Anda. Untuk hasil yang optimal, sediakan makanan segar untuk kesehatan anjing pomeranian Kamu.

Bahan makanan pilihan terbaik untuk anjing pomeranian diantaranya daging-daging empuk (daging ayam, ikan, jeroan), sayuran (kentang, bayam, brokoli, dan zuccini), nasi, buah-buahan (mangga, raspberi, bluberi) yang mengandung antioksidan yang tinggi, serta keju.

Berikanlah makanan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Kandang pomeranian

 

pomeranian cage - Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Pomeranian merupakan anjing rumahan. Mereka tidak cocok dibiarkan hidup di halaman rumah. Cuaca panas ekstrem dapat membuat mereka sakit dengan mudah. Karenanya jenis anjing ini sangat cocok bagi mereka yang menetap di apartemen atau rumah tanpa pagar.

Rumah dengan anak-anak kecil dapat menjadi tempat tinggal yang menyenangkan untuk anjing jenis pomeranian. Anak kecil dan anjing pomeranian adalah pasangan bermain yang seru. Tapi, sebaiknya Kamu mengajari anak-anak bagaimana sih cara memegang serta menggendong anjing pomeranian yang benar. Berikanlah batasan-batasan dalam bermain supaya tidak melukai anjing peliharaan Kamu. Selalu awasi anak-anak saat bermain dengan anjing.

Anjing pomeranian dapat hidup rukun dengan kucing dan hewan-hewan peliharaan lainnya di rumah, terutama ketika mereka dibesarkan bersama-sama. Lucunya nih, terkadang anjing pomeranian ini tidak sadar kalau dirinya berukuran kecil, sehingga membuat si Pomeranian ini berani terhadap anjing yang berukuran lebih besar. Dan juga usahakan jauhkan si Pomeranian ini dari anjing yang berukuran besar.

Menajaga Kesehatan dan Perawatan Pomeranian

combing pomeranian - Mengenal Anjing Pomeranian, Si Kecil Yang Menggemaskan

Pomeranian adalah anjing yang sangat aktif. Ajaklah si anjing pomeranian Kamu berjalan-jalan setiap hari sekitar 10-15 menit. Ketika berjalan-jalan, biarkan mereka memenuhi rasa ingin tahu mereka dengan mengendus-endus serta mendekati apa saja yang menarik perhatian mereka selama itu tidak berbahaya dan memungkinkan.

Anjing pomeranian sangat sensitif dengan suhu cuaca panas serta kelembapan. Hindari membawa anjing pomeranian keluar rumah ketika temperatur sedang tinggi.

Meski anjing ini bukanlah jenis yang rawan terkena berbagai jenis penyakit, tetap saja masalah kesehatan yang umum juga dialami anjing ini diantaranya epilepsi, alergi, persendian, penyakit mata, dan masalah gigi.

Pomeranian mempunyai mantel bulu ganda. Lapisan dalamnya terasa lembut dan pendek, sedang lapisan luarnya lebih panjang dan terasa kasar kalau disentuh. Bulu-bulu pomeranian pun tak terlalu banyak rontok. Cukup sisiri mereka menggunakan sisir bergigi besi setidaknya dua kali seminggu. Mulailah menyisir dari bagian kepala. Sambil menyisirinya, periksa kulit serta bagian-bagian tubuhnya untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda penyakit ataupun infeksi.

Melatih Pomeranian

Anjing pomeranian termasuk jenis anjing yang gampang dilatih. Mereka juga senang belajar. Tunjukkan kalau Kamu lah yang berkuasa, maka mereka pun akan patuh dengan Kamu. Pelatihan yang dilakukan sejak dini sangat penting untuk menanamkan siapakah yang menjadi pemimpin/penguasa di rumah. Seperti jenis anjing lain, pomeranian perlu diajak bergaul/bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Kamu serta dengan hewan peliharaan lain.

Pomeranian sungguh suka menjadi pusat perhatian dan karenanya mereka akan senang diajari gerakan-gerakan baru. Ajarkan dalam rentang waktu yang singkat saja lalu segera berikan snack/kudapan sebagai imbalan setiap kali mereka bisa melakukan gerakan yang Kamu ajarkan.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai perawatan, profil serta cara melatih anjing pomeranian, semoga bisa memberikan manfaat untuk Kamu semua ya guys. Cheers! 😀