Mengenal Anjing Herder Aka German Shepherd

Posted on

anjing herder alias anjing gembala jerman alias german shepherd

Anjing Gembala Jerman atau anjing herder sangat populer baik dipelihara sebagai anjing keluarga ataupun sebagai anjing pekerja dikarenakan sifat alaminya yang setia serta berbakat disejumlah bidang. Dikembang-biakan sebagai anjing peternakan dan untuk menggembala, Anjing Gembala Jerman ini pertama kali muncul pada tahun 1882, dan didaftarkan resmi pertama kali di 1899. Sedangkan di luar Jerman, trah ini diakui oleh American Kennel Club di tahun 1908.

Karena merupakan jenis keturunan anjing pekerja, German Shepherd adalah penggembala yang baik, tapi mereka juga dipakai sebagai anjing penjaga, anjing pelacak, anjing penuntun, sertaanjing penyelamat. Kerap di gunakan jasanya oleh polisi serta anggota militer, anjing yang tergolong sangat pintar ini juga hebat di dunia pertunjukkan anjing, lomba ketangkasan maupun sebagai peliharaan di rumah.

Mengenal anjing Herder alias anjing gembala Jerman

Karakter dan Temperamen

German Shepherd adalah anjing yang sangat fokus dan sangat cerdas. Karenanya, mereka baru bisa berkembang kalau mendapat stimulasi mental, serta dengan kepemimpinan yang kuat mereka dapat dilatih menjadi penurut dan keinginan untuk selalu belajar. Latihan yang tegas adalah hal yang vital untuk jenis ini. Kalau anjing ini tak mengerti jika pelatih mereka merupakan pimpinan kelompok, maka bisa timbul masalah perilaku, seperti menjadi pemalu atau menjadi agresif. Tapi, dengan latihan yang tepat, German Shepherd bisa menjadi anjing yang serba bisa dan temperamen yang baik.

Jenis ini butuh teman, sehingga jenis anjing ini sebaiknya tak ditinggal sendirian dan harus belajar bersosialisasi sejak dini. Olahraga pun wajib diajarkan sejak dini, trah ini butuh sekitar 2 jam dua kali sehari hanya untuk berolahraga. Seekor German Shepherd yang disiplin, akan dapat bergaul/bersosialisasi baik dengan anak-anak maupun hewan peliharaan lainnya, serta akan sangat setia dengan pelatihnya. Herder adalah anjing yang pemberani, yang bahkan akan memberikan nyawanya sekalipun untuk melindungi sang pemilik.

Asal Pembiakan (Origins of the Breed)

Phylax Society di bentuk di tahun 1981 yang bertujuan memberikan standar untuk trah anjing. Tapi, grup ini di bubarkan di tahun 1894 sedangkan pendiri mereka seperti Captain Max von Stephanitz masih terus membiakkan sejumlah anjing. German Shepherd dibiakkan melalui kawin silang antara sejumlah anjing pekerja dengan bulu pendek, bulu panjang serta bulu keriting. Mereka mempunyai silsilah menggembala dan beternak dari Bavaria, Thuringia dan Wurtemberg, yang terletak di bagian tengah dan selatan Jerman.

Meskipun anjing ini muncul pertama kali pada tahun 1882 dan 1889, namun baru pada bulan April 1899 trah German Shepherd di daftarkan pertama kali oleh Von Stephanitz. Trah ini kemudian di berikan nama Horan Von Grafrath dari sebelumnya di namakan Hektor Linksrhein. Sesudah Von Stephanitz membeli anjing show di tahun 1899, Horan Von Grafrath dijadikan sebagai bagian pusat program pembiakkan, dan ia pun membentuk Verein für Deutsche Schäferhunde yang mana adalah perkumpulan buat anjing German Shepherd. Ada spekulasi kalau Horan Von Grafrath, seperempatnya adalah serigala.

Perawakan Fisik

anak anjing gembala german (german shepherd puppies)
anakan anjing herder

German Shepherd mempunyai tubuh yang proporsional serta berotot dan tubuh yang sedikit memanjang. Kepalanya matching dengan proporsi tubuh mereka serta berbentuk sedikit bulat. Hidung mereka umumnya berwarna hitam, tetapi dapat juga berwarna biru ataupun liver. Telinga anjing ini berbentuk runcing dan berdiri tegak, tapi pada anakkan bisa sedikit jatuh. Bulu mereka pun bisa berlapis, mewah serta panjang, dan biasanya terdiri dari campuran warna black, tan dan sable. Kakinya bulat serta ekornya berbulu lebat, yang panjangnya mencapai tungkai kaki mereka.

Pejantan bisa tumbuh setinggi 60-65cm, dan betina tingginya berkisar sampai 55-60cm. Berat mereka antara 35-40kg. Dengan masa hidup sekitar 13 tahun.

Ciri-ciri yang bisa untuk show/kontes

Hanya German Shepherd/Herdre berhidung hitam saja yang bisa mengikuti dog show, sedangkan warna hidung lainnya tidak bisa, dikarenakan tak sesuai dengan standarisasi yang ada. Begitu pun dengan warna bulu, terdapat warna white, blue dan liver, tapi hanya anjing berwarna bulu black, tan dan sable yang bisa mengikuti dog show. Meskipun standar untuk show bermacam-macam, tapi kebanyakan negara hanya menerima anjing yang mempunyai bulu pendek.