Mengena Hamster, Si Imut Yang Menggemaskan

Posted on

hamster

Hamster merupakan hewan lucu dan menggemaskan yang semakin digemari oleh banyak orang. Tren memelihara hamster mulai meningkat beberapa tahun belakangan. Awalnya, hewan ini hanya dikenal di kalangan hobiis hewan peliharaan di Kota Jakarta dan Bandung. Banyak hobiis dan peternak yang bermunculan di kedua kota ini.

Pada pertengahan tahun 2007, tren memelihara hewan lucu nan menggemaskan ini mulai melebar hingga ke beberapa daerah, seperti Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Balikpapan. Pada tahun 2008, bisa dibilang merupakan puncak tren hamster. Salah satunya karena tahun tersebut merupakan tahun “tikus tanah berdasarkan sistem penanggalan Cina. Hamster yang dianggap sebagai “tikus tanah” membuat banyak masyarakat Tionghoa membeli dan memeliharanya karena dipercaya membawa keberuntungan.

Tren minat jenis hamster setiap daerah berbeda- beda. Jenis hamster yang paling diminati di Provinsi Riau adalah jenis hamster syrian, sedangkan di Semarang adalah jenis hamster winter white. Tren tersebut terbentuk secara alami berdasarkan karakteristik hamster yang disukai masyarakat setempat.

Berbagai alasan dikemukakan hobiis ihwal ketertarikannya terhadap hamster hingga memutuskan untuk memelihara. Kebanyakan hobiis awalnya terpikat oleh penampilannya yang imut dan tingkah lakunya yang menggemaskan sehingga dinilai dapat menghilangkan stres. Alasan lainnya, hewan ini tidak memerlukan tempat terlalu luas untuk pemeliharaannya, perawatannya mudah dengan biaya yang relatif murah, serta memiliki banyak varian dengan aneka warna dan corak yang beragam

Selain dipelihara, hamster juga bisa dijadikan sumber pendapatan dengan cara dikembangbiakkan. Budidaya hamster yang mudah dan cepat membuat banyak hobiis tergiur untuk beralih menjadi penjual hamster. Tren terbaru adalah menjadikan hewan tersebut sebagai bingkisan atau kado ulang tahun anak

Hamster Berbeda dengan Tikus

Sampai saat ini banyak orang masih menganggap hamster sama dengan tikus. Pandangan ini membuat banyak orang enggan memelihara hewan ini. Padahal, meskipun berasal dari famili yang sama, hamster sama sekali berbeda dengan tikus.