Membuat Kandang Ternak Murai Batu Yang Benar

Posted on

contoh kandang murai batu minimalis e1522913562488 - Membuat Kandang Ternak Murai Batu Yang Benar

Untuk berternak Murai dan membisniskan nya, langkah pertama yang wajib Kamu lakukan yaitu menyiapkan kandang ternak Murai terlebih dahulu. Disamping sebagai tempat berternak, kandang juga berfungsi sebagai tempat perawatan harian. Untuk kandang ternak murai batu Kamu bisa membuatnya secara sederhana atau minimalis tapi tetap ideal untuk sebuah kandang. Tergantung kebutuhan Kamu untuk beternak burung murai.

Ada sejumlah aspek yang wajib Kamu perhatikan dalam membuat kandang ternak murai batu, diantaranya yaitu:

  • Mempersiapkan sebuah tempat untuk pembuatan kandang
  • Ukuran kandang
  • Aspek keamanan dan kenyamanan kandang.

Ternak murai batu merupakan usaha yang prospektif. Contohnya saja murai batu medan jantan dengan kisaran umur 1 bulan harganya sudah mencapai 2,5 juta (hasil ternak). Bukan nominal yang sedikit untuk seekor anakan burung bukan?

Membiakan murai batu tidaklah segampang yang Kamu pikirkan. Karena, murai batu adalah salah satu burung yang gampang stres. Ditambah juga Kamu wajib mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang cara merawat, memelihara, serta memperlakukan murai batu.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa Kamu pakai untuk membuat kandang murai batu.

Tips Membuat Kandang Ternak Murai Batu Yang Ideal

1. Sediakan tempat yang nyaman

Seperti yang sudah tertulis di awal, untuk membuat kandang murai batu harus menomor satukan kenyamanan. Carilah tempat yang lumayan sunyi atau jauh dari keramaian. Hindari membuat kandang ternak murai batu di daerah pinggir jalan, pasar ataupun dekat dengan pabrik, karena murai batu butuh suasana yang tenang untuk proses reproduksi dan untuk menghindari stres.

Disamping untuk beternak, kandang yang nyaman juga dibutuhkan ketika Kamu melakukan pemasteran murai batu. Dengan tempat yang nyaman maka pemasteran bisa fokus dan menghasilkan burung jadi yang gacor dan lebih lantang.

2. Ukuran kandang Murai Batu

Untuk membuat kandang murai batu terutama untuk ternak, Kamu wajib memperhatikan ukuran kandang. Kandang yang dibuat bersusun sangat ideal untuk Kamu yang mempunyai lahan sempit. Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan luas lahan, usahakan tidak terlalu sempit agar murai batu bisa terbang kecil, yang berguna untuk menjaga kebugaran supaya tidak kegemukan. Semakin besar kandang akan semakin baik dan semakin nyaman murai batu.

Kandang ternak murai batu dapat Kamu buat dengan ukuran yang minimalis, panjang 90 cm, lebar 90 cm, dan tinggi 100 cm. Kamu bisa memakai ukuran yang lebih besar dari ukuran tersebut jika luas lahan Kamu lebar dan luas. Sebagai contoh, ukuran panjang 300 cm, lebar 300 cm, dan tinggi 400 cm. Tapi jika lahan Kamu sempit, disarankan memakai ukuran minimalis.

3. Bahan baku untuk membuat kandang ternak murai

lantai kandang murai beralaskan pasir 1 e1522913720418 - Membuat Kandang Ternak Murai Batu Yang Benar
Contoh kandang murai berlantai semen dengan alas pasir

Untuk membuat kandang ideal bagi murai batu, Kamu bisa memakai sejumlah bahan berikut ini:

  • Kayu
  • Bambu
  • Kawat
  • Batako
  • Asbes/genteng

Buatlah kandang murai batu dengan memakai bahan tersebut yang kemudian ditempelkan pada dinding batako. Untuk atap pakailah asbes atau genteng. Jangan pernah memakai atap dari bahan seng, karena ketika musim panas akan membuat suhu panas yang berlebih didalam kandang murai batu. Dan juga ketika musim hujan, seng bisa membuat suara yang sangat berisik yang berakibat mengganggu kenyamanan murai batu sehingga membuat murai batu jadi stress.

Kalau kandang murai batu Kamu ada di dalam rumah, maka tidak perlu atap. Dasar kandang sebaiknya Kamu buat dengan memakai tanah atau kandang langsung menempel di tanah. Untuk lantai kandang bisa dibuat mengggunakan kawat Ram, dengan alas semen yang dilapisi pasir bersih. Tergantung Kamu mau memakai yang mana. Yang paling penting kandang wajib terjaga keamanannya dan terhindar dari kelembaban serta tumpukan kotoran.

4. Bentuk/Desain Kandang

Bentuk atau desain kandang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya pembuatan kandang yang dilakukan oleh peternak murai batu memakai dua pintu untuk setiap kandang. Pintu dipasang dibagian atas serta bawah kandang. Pintu atas berfungsi untuk mengganti pakan serta minuman si burung. Pintu bawah kandang berfungsi untuk membersihkan kotoran burung maupun makanan yang berserakan di lantai.

5. Keamanan serta kenyamanan kandang

kondisi kandang murai batu e1522913635303 - Membuat Kandang Ternak Murai Batu Yang Benar
Pengecekan kondisi kandang murai

Yang terakhir dan terpenting yaitu perhatikan keamanan dan keyamanan kandang tersebut. Pastikan lingkungan kandang ternak murai batu Kamu bebas dari binatang buas ataupun pemangsa. Pastikan juga kandangnya aman dari pencuri yang bisa mengganggu keamanan maupun kenyamanan burung dalam beraktifitas didalam kandang.

Untuk Kamu yang tinggal di daerah yang bersuhu dingin, pasanglah lampu/bohlam didalam kandang murai batu Kamu. Pakailah bohlam yang tidak terlalu terang, dengan ukuran 5-10 watt yang penting si burung tidak kedinginan. Kenyamanan kandang sangat dibutuhkan agar burung tetap merasa sedang hidup dalam habitatnya. Dengan begitu diharapkan proses reproduksi bisa terjaga kualitasnya.

Oke tadi 5 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang burung Murai. Selamat mencoba.