Jenis Makanan Burung Parkit Yang Bagus Supaya Gacor

Posted on

makanan burung parkit

Burung parkit adalah salah satu jenis burung yang sering dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Sebabnya jenis burung ini punya berbagai macam variasi warna yang membuat penampilan burung ini enak dilihat.

Tidak hanya itu saja, burung parkit pun mempunyai kicauan yang termasuk bagus. Walaupun tak cukup banyak perlombaan burung parkit yang digelar. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi minat para pecinta burung untuk memeliharanya.

Banyak orang yang menyebut burung parkit ini sebagai burung bayan atau betet. Sebab memang burung parkit masih termasuk kedalam kerabat atau jenis burung betet.

Karakteristik Burung Parkit

Burung Parkit merupakan jenis burung yang hobi makan biji-bijian. Dan burung ini termasuk pada jenis burung paruh bengkok. Parkit mempunyai warna yang beragam antara lain hijau, kuning, putih, merah sampai warna biru ke hijauan dengan banyaknya pilihan variasi warna pada burung parkit.

Karenanya banyak sekali yang membeli burung parkit buat burung peliharaan khususnya hiasan. Umumnya anak anak kecil suka sekali dengan burung parkit karena ukuran badan burung yang mungil dan lucu.

Meskipun burung ini lucu dan tampak cantik sekali, kicauan burung parkit ini berbeda dibandingkan jenis burung kicauan yang lain. Contohnya burung cendet dan burung jalak. Burung parkit hanya memiliki kicauan yang lantang saja.

Lalu cara perawatannya pun begitu mudah sekali, bagi penggemar burung kicauan burung parkit saat ini banyak di kembangbiakan dengan cara ditangkarkan. Untuk kamu yang mungkin suka dengan burung berkicau dengan jenis yang satu ini, maka ada baiknya jika terlebih dahulu mengenal makanan burung parkit yang bagus.

Sebab dengan jenis makanan yang bagus burung ini akan berkicau dengan gacornya. Dengan kamu tahu apa saja jenis makanan burung parkit tersebut, maka kamu dapat melakukan perawatan burung parkit ini dengan lebih baik.

Makanan yang baik dapat membuat burung parkit jadi lebih gacor, karena dalam melatih burung agar gacor salah satu caranya yaitu dengan memberikan pakan yang tepat. Karenanya, untuk kamu yang punya burung kicauan, kamu harus tahu jenis-jenis makanan apa saja yang dapat membuat burung jadi lebih gacor.

Jangan salah memberi makan karena jika salah maka si burung akan malas berkicau alias macet.

makanan burung parkit

Jenis Makanan Burung Parkit

Makanan Burung Parkit tidaklah terlalu sulit dacari. Sebab burung parkit merupakan penggemar biji-bijian, sayuran dan juga buah-buahan. Sama seperti makanan burung srindit.

Burung parkit sekarang bisa dikatakan gampang ditemukan. Hal ini disebabkan karena perawatannya yang lebih mudah, dan penangkarnya pun juga sudah banyak.

Berikut ini makanan burung parkit yang dapat kamu berikan supaya jadi lebih gacor.

1. Biji-bijian

Makanan jenis ini merupakan yang paling digemari Burung Parkit. Biji-bijian pada umumnya berasal dari biji jagung muda yang masih segar serta basah.

Jika kamu membeli biji jagung sebaiknya kamu terlebih dahulu memeriksa biji jagung tersebut dengan cara direndam dalam baskom.

Jika biji jagung tenggelam berarti biji jagung itu masih bagus. Namun jika terapung maka kemungkinan besar jagung tersebut telah kering dan kopong.

Biji-bijian lain yang disukai burung ini yaitu beras merah. Kamu bisa memilih biji berupa beras, yang bagus atau membeli secara langsung dari petani.

Dan juga burung parkit ini suka dengan milet putih ataupun milet merah. Kedua millet tersebut bisa menjadi makanan favorit si burung Parkit.

Satu lagi burung ini sangat suka Jewawat. Sejumlah daerah menyebutnya Otek. Kalau di daerah Nusa Tenggara disebut Betematau atau Jawe.

2. Sayur Sayuran

Selanjutnya makanan yang bagus buat burung parkit yaitu sayur-sayuran. Semua orang pasti tahu kalau sayur memang amat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dan hal itu juga berpengaruh terhadap hewan, contohnya ya burung parkit ini.

Burung parkit bisa mengkonsumsi berbagai macam jenis sayuran contohnya: kol, bayam, toge, serta sayur brokoli.

Pemberian sayur untuk burung parkit ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai selingan dari pakan biji-bijian.

Lalu untuk sayuran jenis terong sebaiknya tidak diberikan kepada burung parkit.

3. Buah Buahan

Mayoritas burung memang suka buah-buahan. Akan tetapi tidak semua burung suka buah-buahan, contohnya burung elang.

Untuk jenis buah yang sebaiknya tidak diberikan untuk burung parkit yaitu buah alpukat dan buah yang mempunyai warna coklat. Alasannya karena alpukat atau buah warna coklat merupakan buah beracun untuk si burung parkit

4. Batu Kerikil

Kamu pasti bingung kenapa sih parkit makan kerikil? Tidak perlu heran, di habitat aslinya burung ini sering sekali makan batu kerikil.

Tak hanya burung parkit saja, akan tetapi juga burung merpati juga kerap memakan batu kerkil. Burung parkit makan kerikil-kerikil kecil untuk membantu menghaluskan makanan.

Hal itu tidak lepas karena adanya ampela yang dimiliki Burung Parkit. Pencernaan tersebut bisa menampung kerikil yang akan membantu untuk menghaluskan biji-bijian yang telah mereka makan.

Cara kerjanya biji-bijian terlebih dahulu akan diremas-remas di ampela memakai kerikil kecil untuk menghaluskannya agar lebih mudah diserap ketika masuk ke usus burung. Fungsinya mirip seperti gigi pada manusia yang bertujuan untuk menghaluskan makanan.

5. Pakan Jadi

Disamping memberikan makanan yang berasal dari makanan alami yang ada di pasar ataupun di penjual sayuran, sebetulnya ada juga makanan yang sudah dikemas dalam bentuk profesional dalam bentuk siap saji.

Makanan itu lazimnya berupa makanan olahan serta gabungan dari sejumlah makanan dan juga mengandung sejumlah jenis vitamin yang disesuaikan dengan burung tersebut.

Berikan lah suplemen yang mempunyai kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan si burung parkit ini.