Inilah Lama Masa Kehamilan Kucing

Posted on

masa kehamilan kucing

Berapa lama kucing Hamil?

Masa Kehamilan Kucing tentunya perlu kamu ketahui sebagai pencinta kucing, sebagai persiapan jika suatu saat kucing anda hamil. Tak seperti manusia yang mempunyai masa kehamilan 9 bulan, kucing mempunyai masa kehamilan yang lebih cepat. Kucing betina pertama kali birahi saat berusia 4 sampai 12 bulan. Sesudah mengalami birahi, kucing bisa kawin sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari. Hal tersebut dilakukan karena jika hanya sekali saja kawin ada kemungkinan kucing betina belum tentu hamil. Untuk mengetahui berapa lama kucing hamil dihitung dari terakhir kali kucing kawin.

Lazimnya kucing betina mempunyai masa kehamilan antara 62 sampai 67 hari (9 – 10 minggu), dengan rata-rata sekitar 65 hari. Namun ada juga yang mengatakan jika kucing bisa melahirkan secara normal dengan masa kehamilan antara 58 sampai 74 hari. Tapi biasanya anak-anak kucing yang terlahir kurang sehat dikarenakan lahir di luar masa normal. Anak kucing mempunyai paru-paru yang sempurna ketika berumur 62 hari. Pernah suatu kali diadakan penelitian dengan memakai ribuan anak kucing dari 14 jenis kucing. Hasil dari penelitian itu mengatakan kalau rata-rata lama kucing hamil adalah 65,1 hari.

Hal yang mempengaruhi masa kehamilan kucing

Masa kehamilan kucing berbeda dibandingkan masa kehamilan manusia. Dimana masa kehamilan kucing lebih cepat dibandingkan manusia dan sangat dipengaruhi berbagai hal. Selain itu juga ditemukan hasil lain seperti masa kehamilan kucing yang dipengaruhi oleh jenis ras kucing itu sendiri. Kucing bisa melahirkan sedikitnya 1 anak kucing dan paling banyak yaitu 13 anak kucing. Dari penelitian tersebut juga didapatkan hasil kalau rata-rata seekor kucing betina melahirkan 4,6 anak kucing. Rata-rata anak kucing yang dilahirkan pun juga tergantung dari ras kucing itu sendiri. Dari penelitian didapatkan juga jika anak kucing yang lahir, rata-rata mempunyai berat badan 93,5 gram, dan semakin banyak anak kucing yang dikandung maka berat badannya bisa berkurang.

masa kehamilan kucing

Pada dasarnya, masa kehamilan kucing sangatlah bervariasi, hal tersebut tergantung dari jenis atau ras kucing itu sendiri. Beberapa jenis kucing ada yang mempunyai masa kehamilan yang lebih lama dibandingkan jenis kucing lain. Contohnya jenis kucing Siamese dan kucing Oriental, yang mana keduanya mempunyai masa kehamilan lebih lama dibandingkan kucing Asia, Korat maupun Burmese. Masa kehamilan kucing pun dipengaruhi oleh jumlah anak yang dikandungnya. Semakin banyak anak kucing yang dikandung maka masa kehamilannya akan semakin cepat. Begitu pun juga sebaliknya, jika jumlah anaknya sedikit maka masa kehamilan kucing cenderung lebih lama.

Bahkan diperlukan juga operasi Caesar untuk kucing yang melahirkan di luar tanggal HPL. Biasanya operasi tersebut dilakukan untuk kucing yang mengandung 1 anak kucing saja. Untuk mengetahui jumlah anak kucing yang dikandung dilakukan pengecekan memakai X-ray. Karna kalau kucing hanya hamil satu anak kucing saja, maka besar kemungkinan anak kucing itu punya badan besar. Akibatnya anak kucing tak dapat lahir normal dan diperlukan operasi Caesar. Anak-anak kucing bisa mati sebelum masa penyapihan, yaitu dalam minggu pertama. Interval atau jarak kelahiran anak-anak kucing cukup bervariasi, tidak sama.

Dari penelitian yang dilakukan di tahun 2006 tersebut juga didapatkan hasil kalau indukan kucing butuh waktu lebih dari 48 jam untuk melahirkan anak-anaknya. Khususnya jika anak-anaknya berjumlah banyak dan prosesnya tidak dibantu oleh manusia. Jika Kamu ingin tahu prediksi tanggal lahir anak kucing, Kamu bisa melihat dari sejarah kehamilan. Meskipun hal tersebut tak akurat 100 persen, tapi tetap saja perlu untuk Kamu coba. Memang ada banyak faktor yang mempengaruhi masa kehamilan kucing. Mulai dari jenis ras kucing, jumlah anak kucing yang dikandung dan lain sebagainya.