Ini Dia 5 Cara Merawat Anak Kucing Yang Tanpa Induk

Posted on

Perlu Kamu ketahui merawat anak kucing yang masih bayi atau kecil memang tidaklah gampang. Hal ini dikarenakan merawat anak kucing butuh perhatian secara khusus dan berbeda dengan merawat induknya atau kucing dewasa. Terutama jika anak kucing yang baru lahir ataupun masih kecil. Memelihara anak kucing ketika masih punya induk tergolong lebih gampang dibandingkan memelihara anak kucing tanpa induk. Terutama anak kucing tersebut masih butuh susu yang harusnya didapatkan dari induknya sendiri. Sehingga butuhk perhatian yang benar-benar khusus agar asupan makanan dan kesehatannya terpenuhi. Karena itu, pada artikel kali ini kita akan memberikan tips mengenai cara memelihara anak kucing tanpa induk yang gampang.

Cara Merawat Anak Kucing Yang Masih Kecil

anak kucing  - Ini Dia 5 Cara Merawat Anak Kucing Yang Tanpa Induk
Sumber: Pixabay

Untuk Kamu yang suka memelihara hewan atau binatang termasuk kucing tentu saja hal ini tidak sulit dilakukan. Pastinya Kamu akan melakukan cara merawat anak kucing yang masih bayi dengan senang hati tanpa merasa dibebani sedikit pun. Seperti yang kita ketahui, kucing bukanlah hewan yang menjijikkan malahan kucing termasuk hewan yang sangat lucu yang banyak dipelihara oleh manusia. Nah, untuk Kamu yang mempunyai anak kucing di rumah ada sejumlah cara gampang untuk merawat anak kucing seperti dibawah ini:

1. Membersihkan Kotoran Disekitar Mata

Umumnya anak kucing kerapkali tidur, waktunya sebagian besar habis hanya untuk tidur. Maka hal yang normal jika Kamu kerap menemukan kotoran di area matanya. Nah, tugas Kamu sekarang memulai dari hal kecil saja terlebih dahulu yaitu dengan membersihkan kotoran di area sekitar matanya secara perlahan saat anak kucing terbangun. Caranya dengan mencelupkan kapas pada air hangat, lalu diusapkan perlahan disekitar area mata sampai kotoran hilang.

2. Berikan Susu Khusus Anak Kucing

susu anak kucing  - Ini Dia 5 Cara Merawat Anak Kucing Yang Tanpa Induk
Sumber: Flickr

Tahap merawat anak kucing berikutnya yaitu dengan memberikan susu khusus untuk anak kucing. Perlu diingat, jangan berikan susu untuk manusia sebab kandungan laktosa pada susu formula bisa merusak saluran pencernaan kucing itu sendiri. Memang cara ini butuh modal yang agak banyak. Cara pemberian susunya cukup mudah kok. Kamu cukup menyiapkan wadah kecil lalu tuangkan susu yang sudah dilarutkan air hangat di dalamnya. Kemudian biarkan anak kucing itu meminum perlahan sampai merasa kenyang dan tidak mau lagi meminum susunya.

3. Kenali Tanda Anak Kucing Lapar

Tahap ketiga yaitu dengan memahami tanda-tanda anak kucing tersebut masih lapar. Apa sih tandanya? Yap, jika anak kucing milik Kamu mengeong y dengan sangat lantang berarti itu pertanda jika ia masih lapar. Untuk itu, Kamu dapat langsung memberikan susu untuk mengisi perutnya yang masih lapar. Ketika diberi makan atau susu masih terus mengeong maka Kamu dapat mencoba memindahkan anak kucing tersebut ke tempat yang lain. Hal ini pertanda kalau dirinya tak merasa nyaman untuk tidur. Maka tugas Kamu memindahkannya si kucing sampai tertidur pulas.

4. Berikan makanan khusus kucing

Cara merawat anak kucing yang keempat yaitu dengan memberikan makanan khusus kucing seperti Whiskas jika kucing tersebut sudah mulai tumbuh membesar. Kamu dapat menyesuaikan porsi pemberian makanan sesuai usia kucing milik Kamu.

5. Menyediakan box pasir

pasir untuk anak kucing  - Ini Dia 5 Cara Merawat Anak Kucing Yang Tanpa Induk
Sumber: Wikimedia

Disamping merawatnya dengan memberikan makanan untuk si kucing, tahap berikutnya Kamu dapat menyediakan box berisi pasir untuk tempat membuang kotoran si kucing kecil. Kamu dapat memakai jenis pasir yang dikhususkan untuk kucing.

Nah, itulah tadi lima cara merawat anak kucing yang masih kecil secara mudah hingga kucing tumbuh besar. Semoga bermanfaat ya Gaes!