11 Cara Mengusir Kucing yang Mudah, Ampuh dan Cepat

Posted on
kucing liar (cara mengusir kucing)
kucing liar (pixabay)

Bagi sebagian orang, kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan serta lucu. Tapi, untuk sebagian orang kucing juga dapat menjelma jadi makhluk yang menyebalkan. Sebabnya kucing lazimnya mengacak – acak tempat sampah sehingga lingkungan menjadi kotor. Dan juga bagi yang punya alergi kucing dan phobia kalau terkena gigitan ataupun cakarannya.

Jika dirimu termasuk orang yang anti atau alergi kucing, zonbin akan ngasih info tentang bagaimana cara mengusir kucing tanpa harus menyakiti si kucing. Ada berbagai situasi yang mungkin akan kamu hadapin ketika mengusir kucing yang nakal. Yuk, cekidot infonya berikut ini guys.

Cara mengusir kucing di dalam rumah dan halaman

Ketika ada kucing yang berkeliaran di area sekitar rumah dan bahkan sampai masuk ke dalam rumah bahkan membuat kekacauan, pastilah kamu akan kesal.

Keinginan mengusir mereka pun terkadang begitu saja muncul, kamu dapat melambaikan tanganmu pada kucing tersebut sambil ngomong “hushh… hushh…hushh…”.

Awalnya si kucing akan pergi, tapi bisa dipastikan dia tidak takut untuk kembali lagi. Supaya si kucing tak datang kembali, kamu harus mempunyai trik jitu untuk mengusirnya. Berikut ini cara mengusir kucing supaya tak kembali lagi.

1. jangan memberi makan

Umumnya nih ya, penyebab utama si kucing terus datang ke sekitar rumah yaitu makanan. Entah karna kamu pernah memberinya makan, ataupun mereka yang dengan mudahnya mendapatkan makanan di tempat sampah.

Langkah yang harus kamu ambil adalah menutup akses rumah seperti pintu dan jendela. Selain itu, tutup juga tong sampah dengan rapat.

2. Mengilangkan sampah makanan di area sekitar rumah

Cara ini umumnya malas dilakukan sebagai cara mengusir kucing liar yang lagi lapar mencari makan. Kamu bisa membersihkan lingkungan rumah dari sampah makanan, karena sisa makanan inilah yang mengundang kucing liar untuk datang dan mampir ke rumah kita.

3. Menghilangkan jejak yang tertinggal

Cara mengusir kucing berikutnya yaitu dengan menghapus jejak si kucing. Kemungkinan besar si kucing pernah meninggalkan kotoran pada lantai ataupun bagian rumah lainnya.

Jika memang itu terjadi, kamu harus segera membersihkan area tersebut sampai bersih dan jika perlu tambahkan semprotan pengharum ruangan.

4. Memasang pagar anti kucing

Jika kamu mempunyai anggaran lebih, pasanglah pagar agar si kucing tak dapat masuk merupakan cara yang dapat dilakukan supaya si kucing jera. Si kucing akan kesusahan dalam memanjat pagar dan akhirnya menyerah putus asa.

5. Menyemprotkan air

Kabarnya sih, kucing itu anti air. Jadi, ketika kita menyemprotkan air ke kucing yang datang ke rumah, si kucing akan berlari. Supaya rumah tak basah dengan air, giringlah si kucing ke halaman.

Lalu ambillah selang yang biasa dipakai menyiram tanaman lalu semprotkan pada kucing. Lakukan hal itu setiap si kucing datang ke rumah sampai dia kapok.

6. Menaruh bau menyengat

cat repellent (cara mengusir kucing)
cat repellent (primrose.co.uk)

Disamping anti air, kucing ternyata juga teramat sensitif dengan bau – bauan yang menyengat. Kamu dapat memanfaatkan kelemahannya itu sebagai cara mengusir kucing liar dari area rumahmu.

Bahan – bahan yang mempunyai aroma menyengat diantaranya yaitu jeruk, lemon, serai, bawang putih. Sekarang ini telah banyak dijual produk cat repellent (penolak kucing), yaitu sejenis bau – bauan untuk mengusir kucing.

7. Menaburkan lada

Tahukah kamu hidung kucing itu sangat sensitif, kamu dapat menaburkan lada agar si kucing tidak betah dan segera pergi.

Cara mengusir kucing pada plafon atau atap rumah

kucing diatas atap (cara mengusir kucing)
kucing di atas atap (wikimedia.org)

Mengusir kucing yang ada didalam rumah maupun halaman mungkin termasuk hal mudah. Namun jika si kucing berada di plafon ataupun atap rumah. Bisa jadi mereka akan buang kotoran atau bahkan melahirkan di atap.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir dengan hal itu, karena kami punya cara mengusir kucing di atap rumah yang efektif pastinya.

8. Dijebak memakai makanan

Makanan disamping menjadi daya tarik kucing untuk datang ke rumah, bisa juga kamu gunakan sebagai cara mengusir kucing. Cara kerjanya, pahami jalur akses atau rute si kucing menuju ke atap rumah.

Jika telah paham rutenya, kamu dapat meletakkan makanan kucing di rute yang dilaluinya. Ketika si kucing sedang menikmati makanannya, tangkaplah dia memakai karung. Kalau kamu alergi atau geli mintalah bantuan tetangga, teman atau saudara.

9. Menyalakan rekaman suara kucing

Pada sebuah forum mengatakan kalau suara tiruan kucing “mengeong” dapat menjadi pancingan supaya si kucing turun dari atap. Ketika mendengar suara tersebut si kucing akan cepat tanggap lalu menghampirinya karena mungkin dia mengira kalau itu temannya.

Caranya, putarlah rekaman suara kucing di bawah atap dimana kucing berada supaya terdengar jelas dan putarlah berulang – ulang sampai si kucing turun.

10. Tutuplah akses masuk ke atap

Jika si kucing telah turun dari persembunyiannya di atap, waktunya kamu beraksi menutupi akses menuju ke atap rumah. Lazimnya kucing memanfaatkan posisi genteng yang kurang rekat.

Pastikan agar kamu atau bapak tukang jeli memeriksanya supaya kucing tak kembali lagi.

11. lempar dengan sesuatu!

Usahakan jangan memakai batu, tapi benda yang lumayan lunak. Contohnya gelas plastik atau buntelan kertas.

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengusir kucing dari rumah yaitu perlakukan mereka sebagai makhluk hidup yang layak disayangi.

Yap meskipun tingkahnya sering menggangu ketenangan serta kebersihan, tapi sebagai manusia kita wajib tetap mencari cara untuk mengusir kucing dari rumah secara manusiawi.

Jangan sampai melukai si kucing dengan melempar atau memukul dengan benda keras. Sama saja dengan kita menganiaya dan mendzalimi makhluk ciptaan Tuhan.

Demikianlah tadi pembahasan tentang bagaimana cara mengusir kucing yang biasa berkeliaran di area sekitar rumah. Semoga berguna untuk teman-teman sekalain. Cheers!