Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami dan Permanen

Posted on

menyemprot anjing dengan ramuan pemusnah kutu alami

Sama seperti binatang berbulu lainnya, anjingpun rawan terkena kutu. Kutu ini adalah pekerjaan rumah bagi si pemilik untuk menghilangkannya. Mengapa sih kita harus menghilangkan kutu anjing? Karena kutu anjing merupakan binatang yang sangat merugikan, gigitannya akan mengakibatkan bentol ataupun luka yang bisa membuat anjing kamu stres, kutu juga dapat membuat anjing menggaruk tubuh mereka sendiri yang jika terlalu lama berlangsung akan berakibat kerontokan luar biasa pada bulu mereka. Selain itu kutu yang dibiarkan berada didalam tubuh anjing kemungkinan besar akan membawa larva cacing pita yang berkembang di dalam tubuh anjing, serta binatang ini juga bisa menyebar ke rambut manusia.

Sesudah mengetahui efek buruk kutu bagi anjing dan bahkan bagi manusia, maka apa sih yang wajib kita lakukan sesudah tahu jika anjing kita terinfeksi kutu? Tentu saja wajib kita obati, bisa dengan memakai bermacam obat kutu yang banyak ditemukan dipasaran, tetapi selain obat-obatan kimia tersebut kamu bisa lho membasmi kutu anjing dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan serta alat yang dipakai untuk metode ini, jangan kuatir semua yang diperlukan gampang didapatkan kok.

Cara mudah membasmi kutu anjing dengan bahan alami di rumah.

Ada 3 cara praktis dan mudah untuk membunuh kutu seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Cekidot!

1. Memakai cuka (cuka putih atau cuka sari apel)

cuka sari apel untuk membunuh kutu anjing

Bahan yang dibutuhkan:

  • Cuka putih (lebih bagus cuka sari apel)
  • 1 Liter air

Cuka putih berfungsi untuk membunuh kutu serta telur-telurnya, cuka akan membersihkan kutu yang melekat di lapisan kulit, serta akan membuat kulit maupun bulu anjing lebih sehat dan bersih. Untuk anjing dengan bobot sekitar 45kg kamu cukup tuangkan satu sendok cuka di dalam wadah standard yang berisi satu liter air. Kemudian lakukan pemijatan halus di area yang terindikasi ada kutu anjing. Pijatlah memakai campuran air dan cuka tadi.

2. Memakai rebusan air jeruk lemon

jeruk lemon untuk membunuh kutu anjing

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 Buah jeruk lemon
  • Sisir, sikat dan sepon
  • Panci

Sama seperti air cuka diatas, jeruk lemon juga mempunyai zat asam, tapi yang istimewa jeruk lemon mempunyai kandungan zat yang bernama limonene. Zat ini berfungsi untuk membunuh dan membuat kutu tak nyaman berada di tubuh anjing.

Pertama kali rebuslah panci yang berisi air sesudah kelihatan panas kemudian masukan irisan buah lemon kedalam panci, tunggu selama 10 menit, kemudian matikan api, tutup panci dan biarkan selama semalam. Besoknya, mandikan anjing memakai air rebusan buah lemon, pakailah sikat jika anjing kamu adalah anjing berbulu pendek seperti pitbull, dan pakailah sisir dan sepon untuk anjing yang mempunyai tubuh panjang seperti siberian husky, german shepherd, dan golden retriever.

Basuhlah tubuh anjing memakai sepon jangan menggunakan gayung. Basahi tubuh dengan rebusan jeruk lemon, diamkan beberapa saat, lalu bilas memakai air bersih. Keringkan menggunakan handuk kering dan bersih.

3. Semprotan cuka dan minyak lavender

minyak lavender untuk membunuh kutu anjing

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 Mangkuk cuka
  • 3 Tetes minyak lavender
  • 1 Liter air
  • Botol semprot / Sprayer ukuran standard

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, cuka fungsinya membunuh kutu anjing sedangkan bau lavender berguna mengusir kutu dan membuat tubuh anjing lebih wangi.

Campurkan 3 tetes minyak lavender ke dalam mangkuk yang berisi cuka kemudian aduk merata, lalu tambahkan campuran cuka dan minyak lavender ke dalam ember berisi air, aduk merata lalu tuangkan campuran ke dalam sprayer atau semprotan.

Semprotkan ke bagian yang terindikasi ada kutunya, pakailah sisir untuk memastikan setiap area basah dengan air campuran tersebut. Tapi harus diperhatikan jangan menyemprotkan ke area muka cukup diarea badan saja, hindari area muka, hidung dan telinga karena ada beberapa anjing yang alergi dengan minyak lavender.