Cara Memilih Ular Yang Sehat

Posted on

Kalau kamu mau memilih ular yang sehat sebagai peliharaan tentu saja ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Kalau kamu punya kenalan yang paham tentang ular tentu bisa dimintai masukan. Kalau tidak ada yang bisa dimintai tolong? Tenang saja, dibawah ini akan kami berikan hal-hal yang harus kamu perhatikan saat memilih ular yang sehat. Apa saja? Yuk kita lihat.

Tips Memilih Ular Yang Sehat

 1. Perhatikan Juluran Lidah

ular menjulurkan lidah - Cara Memilih Ular Yang Sehat

Ular yang sehat akan merespon gerakannya lewat juluran lidah. Juluran lidah ular yang sehat umumnya tak terlalu cepat dan tak terlalu lambat. Juluran lidah yang cepat menunjukkan jika si ular masih galak, stres, serta belum beradaptasi. Sedangkan, juluran lidah yang terlalu lambat dikhawatirkan ular tidak dapat merespon kondisi lingkungan di sekitarnya.

2. Badan Gemuk

Usahakan memegang ular yang mau dibeli. Kalau terlihat kurus, bisa dipastikan jika ular tersebut sedang tak sehat dan tak mau makan.

3. Tidak Ada Pembengkakan maupun Luka di Sekitar Mulut

Perhatikan area di sekitar mulut ular, kalau terlihat ada luka atau bengkak biasanya ular tak mau makan atau masih galak.

4. Tulang Ular Tidak Bengkok

cek tubuh ular - Cara Memilih Ular Yang Sehat

Raba bagian badan ular dari kepala sampai ujung ekor, pastikan tidak ada tulangnya yang bengkok. Tulang yang bengkok dapat disebabkan cacat bawaan lahir ataupun faktor pemeliharaan yang kurang baik.

5. Kulit Ular Berkilau dan Tidak Kering

Ular yang sehat umumnya mempunyai kulit yang berkilau, tidak kering, kelembapan cukup, serta dalam kondisi baik.

6. Tidak cacat atau Terluka

Lihatlah keseluruhan fisik ular, jika ada cacat ataupun luka sebaiknya urungkan niat Kamu untuk memelihara atau membeli ular tersebut.

Disarankan, sebelum membeli ular Kamu banyak melontarkan pertanyaan kepada penjual atau pemilik sebelumnya mengenai pemeliharaan dan karakteristik ular tersebut supaya tidak menyulitkan ketika pemeliharaan sudah dilakukan di rumah Kamu. Beberapa pertanyaan yang wajiib diajukan yaitu: sudah makan apa belum? Menu makanannya apa saja? Kapan terakhir buang air? Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, setidaknya Kamu bisa mengetahui penyebab ular tak mau makan, mengetahui menu makanan favorit si ular, serta mengecek kondisi pencernaannya.

Jangan Panik Saat Bertemu Ular!

Mungkin Kamu pernah melihat ular di jalan ataupun masuk ke dalam rumah seseorang. Tapi tak jarang ular -ular yang tak bersalah tersebut justru berakhir dengan sabetan golok ataupun lindasan ban kendaraan di jalan raya, Sebenarnya ada cara lainnya untuk menjauhkan ular tersebut tanpa harus dibunuh. Berikut ini tip yang dapat Kamu terapkan.

  1. Anggaplah semua ular yang Kamu temukan berbisa dan berbahaya. Jadi, penanganannya wajib dilakukan dengan sangat berhati-hati. Kecuali, Kamu benar-benar yakin kalau ular tersebut tidak berbisa
  2. Carilah alat bantu yang bisa menjaga jarak Kamu dengan ular. Siapkan sapu, bambu, besi, ataupun batang kayu jika perlu, gunakan pelindung mata (kaca mata) untuk menghindari semprotan bisa dari ular jenis tertentu ke mata Kamu. Biasanya adalah ular Kobra.
  3. Dorong atau giring ular ke tempat terbuka, kemudian biarkan si ular tersebut pergi. Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, dapat juga dengan memindahkan ular ke tempat yang lebih aman memakai alat bantu, seperti ke dalam toples atau ember yang ada tutupnya. Namun, hal ini lumayan berisiko kalau ular tersebut berukuran cukup besar.
  4. Jika Kamu belum yakin dengan hal itu, disarankan untuk meminta bantuan orang- orang yang lebih paham tentang ular.