Cara Memandikan Kucing Persia Lengkap Dengan Video

Posted on
tips cara memandikan kucing persia
cara memandikan kucing persia

Kucing Persia mempunyai rambut panjang yang halus seperti sutra sehingga butuh perawatan khusus. Meski kucing Persia sudah sering menjilati bulu mereka sendiri sebagai suatu cara merawat bulu, perawatan tambahan tetap diperlukan, yang dalam hal ini dilakukan oleh si pemilik.

Menyisir bulu secara teratur akan menghilangkan rambut yang longgar serta membuat bulu tidak kusut. Disamping menyisir, memandikan kucing Persia juga diperlukan khususnya kalau si kucing sering berada diluar ruangan. Dikarenakan debu serta kotoran akan mudah mengotori bulu kucing serta mengganggu keindahan dan kesehatan si kucing.

tips cara memandikan kucing persia
ilustrasi cara memandikan kucing persia

Memandikan kucing Persia memang dapat menjadi kegiatan yang cukup menantang, tapi dengan ketekunan serta sedikit pengetahuan dasar, semuanya tak akan jadi masalah lagi, mudah.

Berikut ini adalah petunjuk cara memandikan kucing Persia:

  1. Isi bak mandi dengan air hangat sampai setengahnya. Tuangkan 1/2 sdt sabun/shampo khusus kucing ke dalam bak mandi.
  2. Masukan kucing perlahan-lahan ke dalam air. Selalu pegangi kucing saat proses memandikan supaya tidak melompat keluar. Jagalah supaya kepala kucing tidak terkena air.
  3. Tuangkan air ke tubuh kucing mengunakan gelas plastik atau cangkir. Jangan menggosok bulunya karena hanya membuatnya jadi kusut. Cukup ratakan bulu ke arah bawah. Jaga jangan ampai air masuk ke dalam telinga, mulut, mata, ataupun  hidung kucing Persia Kamu.
  4. Setelahnya, biarkan tubuh kucing terendam dalam air sekitar satu menit.
  5. Buanglah air dari bak mandi.
  6. Isilah kembali bak mandi dengan air hangat sampai setengahnya untuk membilas/membersihkan kucing dari sisa sabun. Tuangkan air ke tubuh kucing menggunakna cangkir/gelas plastik dan gosoklah bulu dalam satu arah (ke arah bawah). Rendam kembali tubuh si kucing di air selama satu menit.
  7. Angkat kucing dari bak mandi. Peraslah bulu kucing dengan lembut untuk membuang sisa air pada bulu.
  8. Keringkan badan kucing memakai handuk lembut. Pakailah lebih dari satu handuk jika diperlukan untuk memastikan jika kelebihan air dapat terserap semuanya.
  9. Sisirlah bulu kucing memakai sisir logam supaya tidak kusut.
  10. Blow dry atau keringkan bulu kucing menggunakan hair dryer dan seting pada panas terendah. Keringkan satu bagian bulu pada satu waktu.
  11. Lalu lihatlah telapak kucing anda, jika dipenuhi dengan bulu-bulu, maka guntinglah bulu-bulu tersebut, ini di lakukan supaya telapak kucing Kamu bersih, dan saat kucing berjalan kesana kemari tidak gampang kotor.
  12. Jangan lupa taburkan bedak kucing untuk membunuh parasit yang ada pada tubuh kucing. Gunakan bedak dorrish atau merek lain.

Nah, itulah tadi tips cara memandikan kucing persia. Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian.