7 Pilihan Obat Kutu Kucing Terbaik Untuk Kucing Kesayangan

Posted on

obat kutu kucing

Kutu adalah masalah klasik hewan bagi peliharan berbulu, termasuk juga bagi kucing. Sejumlah metode perawatan alami pun menyebar dengan cepat untuk mencegah dan mengobati masalah kutu kucing. Meskipun demikian, saat kutu tidak kunjung hilang meskipun sudah dirawat dengan sebaik mungkin, tidak ada salahnya kalau kamu mulai menggunakan obat kutu kucing.

Berikut ini ada 7 obat kutu kucing yang dapat dijadikan pertimbangan untuk dipakai menjaga kebersihan kucing kesayangan Kamu.

1. Bedak Doris

bedak doris

Ini merupakan bedak andalan untuk membunuh kutu kucing yang telah eksis sejak zaman kakek nenek Kamu, mungkin lho. Yang pastinya sih, sejak saya masih kecil, bedak ini telah ada dan terbukti mujarab menyelesaikan masalah kutu hewan peliharaan.

Untuk penggunaannya, taburkan bedak ini ke seluruh tubuh si meong secara merata. Tunggulah sekitar 15 menit, kemudian mandikan kucing menggunakan shampoo sampai bersih.

Yang wajib diwaspadai, dikarenakan bedak ini merupakan obat keras, jagalah agar jangan sampai si kucing menjilati tubuhnya saat masih berlumuran bedak. Juga amankan pula bedak ini dari jangkauan anak kecil.

Pemakaian bedak Doris bisa diulang seminggu sekali sampai kutu benar-benar menghilang.

2. Well

well obat kutu kucing

Kamu risau tak bisa mencegah kucingmu untuk menjilati badan selama diberikan obat kutu? Jangan khawatir guys! Well ini disinyalir aman meskipun dijilati oleh kucing.

Caranya seperti ini, pertama mandikan kucing Kamu terlebih dulu. Kemudian, larutkan obat kutu Well ke dalam 3-5 liter air. Siramkan larutan ini ke seluruh badan kucing dan biarkan mengering secara alami.

Sedangkan untuk kutu yang ngumpet di dalam telinga, caranya dengan menyemprotkan larutan ini menggunakan spray ataupun cutton bud. Siramkan sisa larutan Well ke kandang supaya kutu-kutu di kandang ikut mati. Biarkan kutu-kutu yang mati di tubuh kucing jatuh alami/sendiri.

Jika mau mengambil kutu mati yang menempel pada tubuh kucing, pastikan jika kutu telah benar-benar kering. Mengambili kutu yang masih basah serta melekat di kulit secara paksa malah akan melukai kulit kucing.

Ulangi pemakaian obat ini antara 1-2 kali seminggu sampai kucing benar-benar telah terbebas dari kutu.

3. Bivermectin 1%

Bivermectin 1% obat kutu kucing

Perusahaan Bio adalah perusahaan farmasi yang memproduksi berbagai macam obat untuk permasalahan kesehatan hewan peliharaan. Begitu juga masalah kutu kucing, Bio menawarkan obat Bivermectin 1% untuk solusinya.

Fokus perusahaan ini terhadap pengobatan berbagai hewan membuat Bivermectin 1% patut dicoba untuk solusi masalah kutu kucing. Suntikkan obat ini, Bivermectin 1% di bawah kulit dengan aturan dosis 0.2 ml untuk setiap 10 kg berat badan. Berikan jarak waktu minimal 2 minggu jika mau mengulangi penyuntikan dan kutu kucing masih ada.

4. Anti Tick Spray dan Jamu KNJ

anti tick spray dan jamu KNJ

Ini adalah generasi terbaru obat kutu hewan dengan cairan dan jamu. Tidak hanya manusia yang dapat minum jamu! Semprotkan Anti Tick Spray ke seluruh punggung kucing Kamu.

Selama pemakaian obat ini, lakukanlah diet rendah protein untuk si kucing. Hindari asupan daging, susu, hati ayam, serta roti. Selama proses pengobatan, si kucing bisa mengonsumsi makanan kucing dengan kandungan 18 persen protein.

Ulanglah pemakaian Anti Tick Spray pada hari ketiga. Sebagai catatan, Anti Tick Spray jangan sampai terjilat oleh si kucing. Proses pengobatan berikutnya, mandikan kucing di hari keempat. Kemudian, larutan Jamu KNJ dalam 1 liter air dan pakailah untuk air bilasan terakhir.

Terakhir, biarkan si kucing selama 5 sampai 10 menit sebelum dikeringkan supaya Jamu KNJ benar-benar terserap oleh kulit si kucing. Jamu ini aman walaupun terjilat oleh kucing. Disamping itu, semprotkan juga larutan Jamu KNJ ke kandang untuk membasmi kutu-kutu yang tersisa di kandang.

 

5. Frontline (for Cat)

Frontline (for Cat)

Jika Kamu tertarik memakai Frontline untuk obat kutu kucing kesayangan Kamu, pastikan kalau Frontline yang Kamu pakai memang untuk kucing. Karena produk-produk Frontline adalah obat kutu yang dikhususkan untuk setiap jenis hewan.

Sebelum memakai Frontline (for Cat), mandikan dulu si kucing dua hari sebelum pengobatan. Peganglah pipet tegak ke atas kemudian tekanlah leher pipet Frontline sampai seluruh isinya turun ke wadah utama. Lalu, patahkan Frontline dengan mengikuti garis hitam pada sisi leher Frontline. Kemudian, sibaklah bulu tengkuk kucing sehingga kulit terlihat. Taruhlah ujung pipet pada kulit kucing kemudian teteskan Frontline sedikit demi sedikit di satu atau lebih area yang aman yang tidak dapat dijilat kucing.

6. Armani Cat Shampoo – Tick and Flea

Armani Cat Shampoo - Tick and Flea

Basahi tubuh si kucing kemudian tuangkan Armani Cat Shampoo – Tick and Flea. Gosok secara perlahan sampai berbusa kemudian bilas sampai bersih. Keringkan kucing menggunakan handuk bersih lalu sisirlah bulu kucing untuk menjatuhkan kutu-kutu beserta telur-telurnya.

Jangan lupa mebersihkan kandang serta lingkungan sekitarnya menggunakan sanitizer desinfectan agar kutu-kutu di lingkungan juga mati sehingga tak menyerang kucing kesayangan Kamu kembali.

7. Revolution Cat

Revolution Cat

Untuk pengobatan kutu pada kucing kecil maupun anak-anak kucing, Revolution Cat dapat menjadi sebuah solusi masalah kutu. Peganglah kemasan Revolution Cat secara tegak dan berhati-hatilah ketika melepas tutupnya. Pakailah obat ini pada satu area saja, misalnya pada tengkuk kucing saja atau perut kucing saja, dan ingat! Jangan digosok ataupun dipijat. Tunggulah minimal 2 jam lalu mandikan kucing sampai bersih.

Itulah tadi 7 merk obat kutu kucing yang banyak beredar dan dipakai di pasaran. Tinggal Kamu memilih dan menggunakan yang sesuai kebutuhan serta kemudahan cara pakai. Tentu saja, budget juga dapat mempengaruhi pilihan obat mana yang akan digunakan. Dengan memakai obat-obatan itu, mudah-mudahan saja kucing kamu segera terbebas dari kutu. Untuk saran profesional, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter hewan kepercayaan Kamu.