5 Cara Menjinakkan Kucing Liar dan Peliharaan

Posted on

kucing liar

Kucing adalah salah satu jenis binatang peliharaanyang dapat memberikan kebahagiaan dalam hidup lewat tingkah dan wajahnya yang lucu, kecantikan bulunya, dan sebagainya. Tapi jangan salah, kucing yang cantik serta lucu ini juga dapat berubah menjadi lumayan menakutkan lho guys.

Meskipun mempunyai bulu lebat yang menggemaskan, kucing dilengkapi dengan cakar, gigi, dan kuku yang mirip harimau dan cheetah sekaligus juga insting memburu dan membunuh. Kesemua “senjata” itu pada dasarnya akan dipakai jika mereka merasakan gangguan atau nyawanya terancam.

Meski kucing termasuk jenis peliharaan rumah, tapi ada kalanya tempramen tersebut bisa berubah menjadi mudah menyerang sehingga mirip kucing liar. Lalu, apa sih yang harus kita lakukan? Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba untuk menjinakkan kucing liar ataupun peliharaan yang menjadi agresif.

Cara Menjinakkan Kucing Liar dan Peliharaan

1. Sediakan tempat tinggal khusus untuk si kucing

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk menjinakkan kucing peliharaan yaitu dengan memberikan ruangan khusus untuk si kucing liar/peliharaan tinggal. Siapkan perlengkapannya, mulai dari kandang, tempat makan, litter box, mangkuk air, hingga mainannya.

Pastikan tak ada jendela yang terbuka supaya si kucing tak melarikan diri. Pastikan ruangan cukup nyaman dengan pencahayaan yang tak terlalu terang sebab umumnya kucing akan merasa kurang nyaman dengan tempat yang penuh cahaya. Agar dia merasa terbiasa dengan kehadiran manusia, taruhlah sejumlah bekas pakaian di dalam ruangan.

2. Pelajari dan ketahui bahasa tubuhnya

kucing liar
kucing liar

Hal lain yang wajib dipelajari dalam cara menjinakkan kucing peliharaan yang agresif dan kucing liar yaitu dengan memperhatikan tingkahnya supaya kita menjadi lebih waspada. Sejumlah hal yang bisa dijadikan sebagai tanda-tanda kucing akan menyerang yaitu si kucing jadi lebih gelisah dengan pupil mata membesar serta lebar. Kuping si kucing menekuk ke belakang dan mengeram saat Kamu mendekati. Jika ini yang terjadi, ada baiknya Kamu jauhi kucing terlebih dahulu.

3. Lakukan kitten trick

Kitten trick adalah salah satu cara yang lumayan efektif untuk melatih kucing dirumah supaya tak memakai cakarnya secara sembarangan. Caranya yaitu tempatkan mainan sejajar atau sedikit diatas kepala kucing lalu biarkan si kucing berusaha meraihnya memakai kaki-kakinya. Jika dia berhasil meraih, biarkan sang kucing bermain selama beberapa saat.Berikutnya, ambil mainannya dan ulangi langkah ini sekali lagi.

4. Berikanlah hadiah

Kucing peliharann yang agresif atau liar merupakan hewan yang hanya mengingat hal yang menguntungkan dirinya. Karenanya, Kamu dapat membiasakan memberi hadiah sebagai cara menjinakkannya. Kamu dapat memberikan sejumlah hadiah, seperti makanan ataupun belaian ketika si kucing berbuat baik. Hal ini secara otomatis akan diingat oleh si kucing sehingga nantinya dia akan mau bermanja-manja denganmu.

5. Biasakan dia dengan memberi sentuhan

mengelus kucing liar
mengelus kucing liar

Kucing liar atau peliharaan Kamu akan mulai kerap berurusan dengan sentuhan manusia, mulai dari anak-anak yang mengajak bermain sampai pergi ke dokter hewan untuk divaksin. Karenanya, biasakan si kucing supaya terbiasa dengan sentuhan dan tak langsung marah saat disentuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan sesering mungkin bermain dengannya. Kamu juga dapat melakukannya dengan kerap menyentuh bagian tubuh berbeda supaya si kucing terbiasa. Sentuhlah kakinya, melihat matanya, menggosok perutnya, dan membuka mulutnya seperti saat dokter mau melakukan pengecekan tubuh. Hal inilah yang nantinya membuat kucing menjadi lebih tenang saat berhadapan dengan orang lain.

5 cara menjinakkan kucing liar atau peliharaan tersebut bisa dicoba supaya Kamu dapat semakin dekat dengan si kucing. Sesudah menjinakkannya, Kamu kini tak perlu lagi takut bermain-main dengan sang kucing.

Tips dan Disclaimer

  • Alangkah baiknya jika Kamu menjinakkan kucing liar kalau ada rencana memeliharanya.
  • Tidak perlu kecewa kalau Kamu gagal menjinakkan seekor kucing liar. Tidak semua kucing liar dapat dijinakkan untuk hidup dengan manusia.
  • Kucing liar yang telah dijinakkan dapat jadi cenderung menutup diri. Berikan si kucing ruang sebanyak yang diinginkannya.
  • Kucing liar lazimnya tak cocok untuk diadopsi berhubung mereka cenderung merasa terikat hanya dengan orang yang menjinakkan mereka.
  • Jika Kamu merasa nyaman melakukannya, eluslah si kucing dengan lembut dan pelan.

Oke tadi 5 cara menjinakkan kucing liar dan peliharaan yang agresif. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang berencana mengadopsi kucing liar atau menjinakkan kucing peliharaan yang agresif.