35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia

Posted on

Anjing merupakan hewan yang sangat bersahabat sekali dengan manusia. Kelucuan serta kesetiaan mereka membuat banyak orang tertarik untuk memelihara mereka. Anjing adalah salah satu hewan yang sangat populer untuk di pelihara diseluruh dunia.

Umumnya ada banyak variasi jenis anjing yang tersebar di seluruh dunia dengan perbedaan ras, karakter serta pemanfaatannya. Sebelum Kamu ingin memelihara anjing ada baiknya menyimak segala jenis anjing berikut ini, mana yang sesuai dengan karaktermu.

Mengenal 35 jenis anjing peliharaan terpopuler di dunia:

1. Siberian Husky

Siberian Husky merupakan jenis anjing yang berukuran sedang dan juga mempunyai bulu tebal. Anjing ras ini adalah kelompok anjing yang tidak ganas, bahkan dapat di katakan terlalu baik kepada orang asing yang bukan pemiliknya. Sepintas anjing ini mirip serigala, dan banyak ahli di dunia menyatakan lahirnya Siberian Husky disebabkan hasil persilangan alam.

Selain dari itu siberian Husky mempunyai sifat yang lumayan menyenangkan untuk manusia. Anjing jenis ini adalah anjing yang tak bisa diam dan sangat aktif. Kepribadiannya yang bersahabat dan lembut merupakan bentuk masa lalu yang dipunyai anjing ini, karena zaman dulu masyarakat Chukchi sangat penuh perhatian dan kasih sayang dalam merawat anjing ini.

siberian husky  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Alaska

Karakter : Aktif, lembut, ramah, bersahabat serta menyenangkan

Bulu : Tebal serta lebat

2. Hairless khalla

Ini merupakan salah satu anjing yang mempunyai paling sedikit rambut, menurut riset ada 2 jenis tipe hairless khala, pertama yaitu hairless kalla medio yang mempunyai kaki lebih pendek dan hairless khala grande yang mempunyai kaki lebih panjang dan memiliki badan lebih berotot dan bagus di jadikan sebagai anjing penjaga. Jenis anjing khala merupakan varian anjing dengan sedikit bulu dan seperti chinese crested mereka mempunyai sedikit bulu di kepalanya yang kelihatan seperti model rambut Mohawk, walaupun cheniese crested mempunyai bulu di kepala yang menjulang panjang.

Hairless khalla  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
pinterest

3. Belgian malinois

Dari namanya sudah kelihatan kalau anjing jenis ini berasal dari Belgia. Anjing ini adalah kelompok anjing penggembala, yang mempunyai ciri sangat mirip dengan ras anjing german sheperd. Untuk ukuran tubuhnya sedang, dengan postur badan yang tinggi dan lagi gagah. Anjing ini adalah jenis anjing yang sangat berwibawa. Disamping itu mereka sangat terlatih dan mempunyai keunggulan di indra penciumannya serta insting yang sangat baik.

Belgian malinois  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
dogtime.com

Asal : Belgia

Karakter : Gagah, berwibawa, dan pandai berburu

Berat badan : 25 – 30 Kg

Masa usia : 10-14 tahun

Warna : Hitam kecoklatan

4. Affenpinscher

Affenpinscher adalah salah satu ras anjing tertua yang berasal dari Jerman pada tahun 1600-an. Zaman dulu anjing ini sering digunakna untuk berburu rodensia di lahan pertanian dan maupun di rumah penduduk.

Anjing ini mempunyai keindahan bulu yang berwarna hitam, silver, abu-abu, hitam-coklat, krem, ataupun merah. Untuk ukuran badan Affenpinscher mempunyai tinggi sekitar 23-30 cm dan bobot badan antara 3-3,5 kg.

Ciri fisik dari anjing ini terletak di telinganya yang simetris dan maupun bulu kasarnya yang lebat. Pada bagian bulu Affenpinscher mempunyai panjang sekitar 1 inci dan untuk bagian ekor serta bokong cenderung mempunyai bulu yang lebih pendek dibandingkan bulu di badannya.

Affenpinscher  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Jerman

Karakter : Bersahabat, ramah, tenang, dan tidak agresif

Tinggi : 23-30 cm

Berat badan : 3-3,5 kg

Bulu : Lebat dan kasar

5. Afghan Hound

Jenis anjing yang satu ini adalah anjing pemburu yang berasal dari Afganistan yang mengandalkan speed dan penglihatan yang dipunyainya. Menurut cerita tempo dulu, anjing ini diakui ada sejak era Mesir kuno lantaran terlihat pada lukisan yang ditemukan di dalam sebuah gua di Afganistan 4000 tahun yang lalu. Pada mulanya anjing ini dipakai orang untuk  anjing gembala dan pemburu binatang lain seperti leopard dan serigala.

Saat anjing tersebar di Negara Barat pada abad ke-19, jenis anjing ini menjadi binatang peliharaan mewah dan kerap juga disebut sebagai “raja anjing”. Anjing ini memepunyai ciri-ciri fisik yang ramping, tulang panggul menonjol, serta bertubuh tinggi. Disamping itu ukuran kepala anjing ini juga lumayan panjang dengan mata gelap oval. Disamping itu anjing ini juga bisa hidup berdampingan dengan baik dengan hewan peliharaan lainnya.

Afghan Hound  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Afghanistan

Karakter : Mudah beradaptasi, aktif berburu, dan agresif

Tinggi : 61-73cm

Berat badan : 20-27 kilogram

6. Golden Retriever

Awalnya anjing ini dikembangkan untuk dimanfaatkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang telah ditembak. Dahuli anjing ini termasuk rasa Retriever yang menemukan atau mengambilkan burung air ataupun unggas liar untuk pemburu. Kenapa disebut dengan golden? Disebabkan bulu mereka berwarna keemasan jika tertimpa sinar matahari, sehingga anjing dinamakan Golden Retriever.

Kecerdasan mereka terlihat ketika mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Karena burung hasil buruan yang diberikan kepada pemburu masih terlihat sangat utuh. Kecerdasan dan kepandaiannya membuat Golden Retriever sebagai anjing multiguna saat ini. Contohnyaa, mereka dipakai sebagai anjing pelacak narkoba, anjing pemburu, anjing penyelamat serta anjing penuntun. Sifat anjing ini yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin membuat senang hati setiap tuannya membuat Golden Retriever sebagai anjing keluarga yang terpopuler di seluruh dunia.

Golden Retriever  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal negara : Inggris

Berat badan : 25 – 35 Kg

Karakter : Cerdas, setia, aktif dan mudah dilatih

Masa usia : 10 – 12 tahun

Bulu : Sedang

7. Shih-Tzu

Anjing ini adalah ras anjing tertua yang berasal dari Tiongkok (china). Anjing ini mempunyai bulu indah yang panjang dengan varian warna serta pola menarik pada bulunya. Ciri fisik yang dipunyai shihtzu terletak pada bagian bulunya yang panjang dan menutupi telinga.

Untuk badan anjing ini lumayan kokoh dengan 4 kaki pendeknya.Secara umum, anjing ini mempunyai sifat lincah, pintar, dan mempunyai emosi yang baik. Sejarahnya anjing ini mulanya dipelihara oleh keluarga kerajaan di Dinasti Manchu, Cina.

Namun saat anjing ini menyebar di wilayah Eropa, ternyata banyak bangsawan Eropa yang tertarik memelihara anjing cantik ini. Shih-Tzu adalah anjing pendamping yang sangat bersahabat dengan manusia, selain itu mereka juga tergolong ke dalam jenis yang suka bersosialisasi.

Shih Tzu  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
pixabay

Asal : Tiongkok

Berat badan : 4 – 7.25 kg

Tinggi badan : 20 – 28 cm

Warna : Emas, Coklat terang, coklat gelap , Putih dan hitam

Masa hidup : 14-18 tahun

8. Chinese crested

Satu lagi jenis anjing peranakan yang mempunyai bulu paling sedikit, seperti namanya anjing ini hanya mempunyai bulu disekitar wilayah kepala mereka mirip kayak jambul, hampir semua area badan terlihat tanpa bulu. Anjing ini berasal dari cina, dengan iklim di cina yang dingin anjing ini memerlukan perawatan ekstra tidak seperti anjing lainnya. Jika Kamu mau memelihara chinese crested dirumah maka Kamu perlu mengeluarkan budget sekitar $400 – $2100 berdasarkan harga rata-rata puppyfind.com, harga yang sangat fantastis untuk anjing dengan sedikit bulu.

Chinese crested  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

9. Akita

Jenis anjing ini berasal dari jepang. Anjing jenis ini kerap dimanfaatkan tuannya untuk berburu. Akita juga sangat baik untuk melacak sesuatu, kelincahan serta kecerdasan anjing ini kerap dipakai untuk anjing perlombaan dimanca negara.

Tapi kekurangan anjing ini yaitu sangat sensitive dengan obat-obatan seperti vaksin, insektisida, dan juga obat penenang.

Akita  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Jepang

Karakter : Lincah, berani, bersahabat, dan sensitive

Berat badan : 45 – 59

Masa usia ; 11-15 tahun

Warna : Coklat, putih, dan belang

10. Terrier Airedale

Anjing ini berasal dari Inggris, adalah jenis anjing dengan ukuran tubuh tertinggi diantara jenis anjing Terrier lainnya. Menurut sejarah, anjing ini sengaja dikembangbiakkan untuk berburu rubah, berang berang serta luwak. Secara umum anjing ini bisa bertahan hidup sampai usia 13-14 tahun.

Ketika zaman Perang Dunia I dan II, banyak kalangan militer memakai anjing ini sebagai pembawa amunisi, pembawa pesan, anjing ambulans, anjing penjaga maupun anjing patroli, serta terakhir dipakai untuk anjing pembasmi sarang rodensia (tikus).

Ciri fisik dari anjing ini yaitu mempunyai bulu hitam, ekor tegak, berotot, melahirkan 5-10 enak dalam satu kali kehamilan, dan berbobot 20,4-27,2 kg. Disamping itu anjing ini juga punya pendengaran dan penglihatan yang sangat baik serta tajam. Mereka dikenal dengan anjing yang mempunyai sifat yang berani dan gesit.

Terrier Airedale  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Inggris

Karakter : Berani dan gesit

Berat badan : 20,4-27,2 kg

Bulu : Pendek dan keriting

11. Doberman pinscher

Doberman pinscher atau cukup disebut doberman saja adalah anjing yang sangat populer di dunia. Anjing ras ini lumayan dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya. Anjing ras doberman terkenal karena bentuk tubuhnya yang atletis dan juga berotot. Mereka adalah salah satu anjing yang mempunyai bentuk badan yang sempurna dengan melambangkan bentuk kegagahan serta maskulinitas.

Doberman pinscher  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Jerman

Masa usia : 10-12 tahun

Berat badan : 30-45 Kg

Karakter : pintar, tangkas dan berwibawa

12. Alaskan Malamut

Malamut alaska adalah ras anjing bertubuh besar yang berasal dari Alaska, Amerika Serikat. Jenis anjing ini awalnya dimanfaatkan sebagai penarik kereta barang dikarenakan tahan dengan suhu sangat dingin, namun anjing ini sekarang dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan keluarga dan anjing pertunjukan. Disamping itu anjing ini juga mempunyai sifat yang ramah, bersahabat serta mudah beradaptasi. Pintar dan gampang menyerap pelajaran yang diberikan juga adalah kepribadian yang dipunyai anjing ini.

Anjing berjenis ini, Malamut Alaska, punya bulu yang tebal cenderung kasar dengan warna yang beragam mulai dari putih sampai warna hitam. Sekilas anjing ini nampak seperti srigala berwarna abu-abu dengan corak hitam. Untuk ukuran tubuh anjing ini bisa mencapai 68,5 cm.

Alaskan Malamut  - 35 Jenis Anjing Ras Peliharaan Terpopuler di Dunia
wikimedia.org

Asal : Amerika serikat

Karakter : Ramah, mudah beradaptasi, dan bersahabat

Nama panggilan : Mally

Bulu : Tebal, berbulu ganda

Masa hidup : 12-14 tahun