15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Posted on

Dunia kita memang dipenuhi dengan bermacam-macam jenis makhluk hidup dengan berbagai macam ukuran, ada yang besar, ada yang kecil, ada juga yang pendek bahkan ada juga yang sangat tinggi. Penggolongan 15 hewan terbesar di dunia berikut ini diklasifikasikan berdasarkan kategori-kategorinya seperti mamalia, reptile, amfibi , unggas, dan kategori-kategori lainnya.

Dalam Wikipedia dijelaskan secara detail tentang sejumlah organisme-organisme terbesar di dunia (termasuk diantaranyanya tanaman, jamur, bakteri serta masih banyak lagi lainnya), kalian dapat melihat daftarnya dalam artikel tersebut dan dapat menyukainya seperti kami.

Akan tetapi, untuk saat ini, nikmatilah sejumlah fakta mengagumkan mengenai 15 hewan terbesar di dunia berikut ini:

1. Hewan terbesar yang pernah ada dan masih hidup: Paus Biru

blue whale

Paus biru (Balaenoptera musculus) merupakan mamalia laut yang termasuk golongan paus baleen. Paus biru mempunyai panjang tubuh mencapai 30 meter serta berat sekitar 200 ton (bahkan bisa lebih!!), sehingga dikenal sebagai hewan terbesar yang ada di muka bumi.

Lidah paus biru sendiri mempunyai berat mencapai 2.7 ton, bayangkan saja dengan berat itu ukuran lidah paus biru mencapai ukuran gajah asia pada umumnya, dan jantung paus biru beratnya mencapai 600 kg dengan ukuran tersebut, jantung paus biru mempunyai ukuran yang terbesar diantara hewan-hewan lainnya.

Ukuran jantung paus biru tersebut sebanding dengan satu unit mobil minicooper baik secara dimensi ataupun secara berat. Paus biru bisa bertahan hidup dengan memakan makhluk kecil mirip udang yang dinamakan krill. Selama masa mencari makan sepanjang musim panas, paus-paus tersebut memanjakan diri mereka dengan memakan krill sebanyak-banyaknya mencapai 4 ton bahkan lebih setiap harinya.

Hal ini berarti paus-paus tersebut mungkin akan memakan sampai 40 juta krill untuk memenuhi kebutuhan kalori hariannya.

2. Hewan tertinggi di dunia : Jerapah

jerapah

Jerapah (Giraffa Camelopardalis) merupakan hewan Afrika yang termasuk mamalia berkuku genap dan makhluk darat tertinggi yang ada di dunia. Tingginya bisa mencapai 5-6 meter dengan berat rata-rata 1600kg untuk jantan dan 830 kg untuk betinanya.

Jerapah mempunyai leher yang sangat panjang, panjang lehernya sendiri dapat mencapai 2 meter, diukur dengan proporsi tubuhnya, panjang leher jerapah bisa mencapai setengah dari tinggi hewan itu sendiri. Panjang leher tersebut adalah hasil dari perpanjangan tulang leher, bukan karena penambahan jumlah ruas tulangnya.

3. Hewan darat terberat di dunia : Gajah semak-semak Afrika

gajah semak africa

Gajah semak-semak Afrika merupakan hewan terbesar yang hidup di daratan, ukuran gajah jantan bisa mencapai panjang 6 sampai 7.5 meter serta tinggi 3.3 meter dan berat yang mencapai 6 ton.

Sedangkan ukuran gajah betina jauh lebih kecil dibandingkan gajah jantan, yaitu dengan panjang mencapai 5.4 – 6.9 meter, dan tinggi 2.7 meter serta berat mencapai 3 ton.

Gajah dewasa umumnya tak punya musuh alami dikarenakan ukurannya yang sangat besar, akan tetapi anaknya (apalagi yang baru lahir) sangat gampang untuk dijadikan mangsa terutama oleh singa, buaya dan terkadang oleh macan tutul serta hyena.

4. Hewan Karnivora darat paling besar di dunia: Beruang Kutub dan Beruang Kodiak

beruang kutub  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup
beruang kutub
beruang kodiak  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup
beruang kodiak

Karnivora darat terbesar di dunia yaitu beruang kutub (Ursus maritimus) dan beruang Kodiak (Ursus arctos) yang masih tergolong keluarga beruang cokelat.

Ukuran tubuh keduanya sangat mirip, sehingga tak begitu jelas mana dari keduanya yang mempunyai ukuran lebih besar.

Dari kedua spesies tersebut, tinggi bahu mereka sekitar 1.6 meter dan panjang total mencapai 3.05 meter. Beruang kutub dan beruang Kodiak terberat yang pernah tercatat yaitu 1003 kg dan 1135 kg.

5. Hewan karnivora terbesar di dunia : Gajah Laut Kutub Selatan

artic walrus

Gajah laut kutub selatan merupakan karnivora terbesar yang masih hidup saat ini. Ini bisa dilihat dari ukuran gajah laut ini yang menunjukkan perbedaan yang sangat mencolok antara jantan dan betina, mungkin dengan rentang perbedaan yang terlampau besar diantara mamalia lainnya.

Betinanya mempunyai rata-rata berat 400 – 600 kg dengan panjang tubuh 2.6 – 3 meter meter, sedangkan berat rata-rata pejantannya adalah 2200 – 4000 kg dengan panjang tubuh antara 4.5 – 5.8 meter. Gajah laut jantan terbesar yang pernah ditemukan mempunyai panjang tubuh 6.85 meter serta berat 5000 kg, ditemukan di teluk Posession, Georgia Selatan tanggal 28 Februari 1913.

Gajah laut bisa menyelam berulang-ulang, setiap kali tarikan nafasnya mereka bisa menyelam selama 20 menit untuk berburu mangsa mereka seperti ikan dan cumi-cumi dengan kedalaman antara 400 – 1000 meter. Ada rekaman dokumentasi penyelaman gajah laut yang mempunyai durasi mencapai 2 jam lamanya dengan kedalaman yang mencapai 1400 meter.

6. Amfibi terbesar di dunia: Salamander Raksasa China

giant salamander

Salamander raksasa China (Andrias davidianus) merupakan salamander paling besar di dunia dengan panjang tubuh mencapai 180 cm, meskipun sangat jarang sekali ditemukan sampai ukuran tersebut saat ini.

Salamander tersebut merupakan hewan endemic yang mendiami kawasan aliran pegunungan berbatu dan danau di China.

Salamander raksasa sekarang ini termasuk dalam kategori darurat yaitu mendekati kepunahan dikarenakan rusaknya habitat, polusi parah dan perburuan berlebih sebagai bahan makanan dan digunakan dalam berbagai macam obat-obatan tradisional China.

7. Reptil terbesar di dunia: buaya air asin

salt water crocodile

Buaya air asin (Crocodylus porosus) adalah reptil terbesar yang pernah ada. Buaya tersebut dapat ditemukan di kawasan utara Australia sampai Asia tenggara bahkan sampai pesisir timur india.

Buaya air asin jantan dewasa mempunyai berat antara 409 sampai 1000 kg dengan panjang tubuh antara 4.1 – 5.5 meter. Akan tetapi, pejantan yang telah matang bisa tumbuh mencapai lebih dari 6 meter serta berat lebih dari 1000 kg dan spesies ini merupakan satu-satunya jenis buaya yang ukuran normalnya sekitar 4.8 meter bahkan lebih.

Buaya air asin adalah predator oportunis yang akan langsung menyerang hewan-hewan yang memasuki kawasan teritorialnya, baik itu di darat atau di dalam air.

8. Kelelawar terbesar di dunia: Kelelawar mahkota emas raksasa

kelelawar mahkota emas raksasa  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Kelelawar ini adalah spesies kelelawar buah yang terancam punah, tinggal di kawasan hutan hujan Filipina serta tergolong dalam keluarga kelelawar raksasa.

Ukuran terbesar kelelawar ini diyakini sekitar 1.5 kg serta panjang tubuh mencapai 55 cm dan bentangan sayap mencapai 1.8 m. Kelelawar besar (Pterus vampyrus) mempunyai berat serta panjang tubuh yang relative lebih kecil, tapi mempunyai bentangan sayap melampaui spesies kelelawar mahkota emas.

Kelelawar Pteropus vampyrus yang pernah tercatat mempunyai bentang sayap selebar 1.83 m dan mungkin dapat mencapai 2 m.

9. Kelinci terbesar di dunia: Kelinci Raksasa Flemish

giant rabbit flemish

Kelinci raksasa Flemish adalah jenis turunan kelinci jaman dahulu yang terdomestikasi berasal dari daerah Flemish.

Kelinci itu telah di budidayakan mulai abad ke-16 di sekitar kota Ghent negara Belgia. Kelinci Flemish bisa tumbuh hingga berat 12.7 kg.

10. Ikan bertulang keras terbesar di dunia: Ikan matahari

ikan matahari

Osteichthyes, terkenal sebagai ikan tulang keras, adalah suatu grup taksonomi dari ikan yang mempunyai tulang keras, berlawanan dengan kartilago atau tulang rawan.

Mayoritas ikan adalah golongan osteichthyes, mempunyai banyak sekali kategori dengan anggota lebih dari 29000 spesies di dalamnya. Golongan tersebut merupakan kelas vertebrata terbesar yang ada saat ini.

Ikan bertulang keras terbesar yang hidup di lautan yaitu ikan matahari atau lebih dikenal sebagai ikan mola mola. Ikan tersebut mempunyai bentuk kepala raksasa dengan ekor dimana badannya berbentuk datar secara lateral.

Ikan matahari yang sudah benar-benar matang memiliki panjang tubuh 1.8 m dengan lebar sirip ke sirip 2.5 m dan kisaran berat badan mencapai 1000 kg, akan tetapi berdasarkan data ikan matahari yang pernah tercatat, ikan raksasa ini dapat mempunyai panjang tubuh sampai 3.3 m dengan lebar sirip ke sirip 4.2 m dan berat mencapai 2300 kg.

11. Mamalia pengerat terbesar di dunia: Capybara

Capybara  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Capybara (Hydrochoerus hydrochaeris) merupakan sejenis guinea pig raksasa berkaki panjang, hidup di kawasan tropis atau beriklim sedang di bagian Amerika Selatan di sebelah timur pegunungan Andes, dan habitatnya selalu berdekatan dengan air.

Capybara yang telah dewasa dapat mencapai panjang 1.5 m dan tinggi 0.9 m dan mempunyai berat maksimal 105.4 kg.

Mamalia pengerat ini adalah hewan yang mempunyai tingkat sosial yang tinggi, biasa ditemukan secara berkelompok, kelompok terbesar yang pernah ditemukan beranggotakan 100 individu, akan tetapi biasanya mereka bergerombol sekitar 10-20 individu tiap kelompoknya.

12. Burung terbesar di dunia: Burung Unta

burung unta  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Burung terbesar yang ada di dunia adalah burung unta (Struthio camelus) yang berasal dari Afrika dan kawasan Arab.

Burung unta pejantan besar dapat tumbuh hingga 2.8 m dan berat lebih dari 156 kg. telur yang dihasilkan oleh burung unta dapat mencapai berat 1.4 kg dan merupakan telur terbesar yang ada saat ini.

Burung unta ini mampu berlari sangat cepat sampai 97.5 km/jam membuatnya menjadi burung darat tercepat dan hewan berkaki dua tercepat di dunia.

13. Ular terbesar di dunia: Anakonda Hijau

anaconda hijau  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Makhluk paling besar di dalam keluarga reptile raksasa ini adalah anaconda hijau ( Eunectes murinus) yang hidup di sepanjang aliran sungai neotropika (termasuk didalamnya amerika tengah dan selatan, mexico bagian selatan dan kawasan karibia).

Ukuran ular anaconda hijau yang pernah ditemukan mempunyai panjang 7.5 m serta berat 250 kg walaupun banyak rumor mengatakan masih ada anaconda yang lebih besar lagi dari yang pernah ditemukan tersebut.

Ular python retikula (Python reticulatus) yang ada di asia tenggara memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang tetapi lebih ramping, dan ular phyton terpanjang yang pernah ditemukan memiliki tubuh sepanjang 9.7 m.

14. Artropoda terbesar di dunia: Kepiting laba-laba jepang

kepiting laba-laba

Kepiting laba-laba jepang merupakan spesies kepiting laut yang tinggal di sekitar perairan jepang.

Kepiting tersebut mempunyai bentangan kaki terbesar dibandingkan artropoda lainnya, bentangan kakinya bisa mencapai 3.8 m dengan berat sekitar 19 kg.

Di habitat aslinya, kepiting laba-laba jepang memakan kerang dan bangkai-bangkai hewan laut lainnya serta mampu bertahan hidup sampai 100 tahun.

15. Burung terbang terberat di dunia: Pelican Dalmatian

pelican dalmatian  - 15 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Burung pelican Dalmatian (Pelecanus crispus) merupakan golongan keluarga pelican. Mereka berkembang biak dari eropa tenggara sampai ke india dan china di rawa-rawa dan danau dangkal.

Pelican terbesar ini memiliki panjang tubuh kisaran 160-180 cm dengan berat 11-15 kg dan bentangan sayap mencapai lebih dari 3 m.

Dengan rerata berat tubuh sekitar 11.5 kg, pelican adalah spesies burung terbang yang terberat di dunia secara rata-rata, meskipun jenis pejantan bustards yang besar dan angsa mampu melampaui berat maksimum pelican.