15 Hewan Pemakan Daging (Karnivora) Paling Populer

Posted on

Hewan pemakan daging atau istilahnya karnivora berasal dari bahasa Latin “Caro” yang artinya daging dan “Vorare” yang artinya memakan. Jadinya, karnivora adalah pemakan daging. Mereka merupakan makhluk hidup yang mendapatkan energi dan nutrisi dari makanannya yang berupa jaringan hewan, baik itu sebagai pemangsa atau pebangkai (wikipedia). Ngomongin tentang hewan karnivora, berikut ini kami sajikan 15 hewan karnivora terpopuler yang mungkin biasa kita jumpai atau mungkin pernah kita lihat di televisi!

15 hewan pemakan daging terpopuler.

#1. Harimau

harimau tiger
sumber: pixabay

Sekedar info, harimau itu ternyata masuk dalam keluarga kucing atau yang terkenal dengan sebutan felidae. Karakteristik hewan yang satu ini yaitu berbadan besar dengan belang-belang hitam disekujur tubuhnya. Harimau mempunyai ketangkasan yang baik dan bisa berlari cukup kencang sehingga sangat membantunya dalam memburu mangsanya. Terdapat sejumlah hewan buruan yang sering dikonsumsi oleh harimau, antara lain babi, rusa, serta kancil.

#2. Anjing

anjing dog
sumber: pixabay

Anjing merupakan salah satu hewan pemakan daging yang paling familiar dan gampang ditemukan di manapun juga. Anjing terkenal sebagai hewan yang mempunyai tingkat kecerdasan yang baik serta kedekatannya dengan manusia. Secara alami, anjing merupakan hewan karnivora yang suka menyantap daging. Seiring dengan perkembangan hidupnya, terkadang anjing yang telah menjadi peliharaan manusia bisa berubah pola makannya menjadi lebih seimbang tanpa harus memakan daging secara terus menerus.

#3. Serigala

serigala wof
sumber: pixabay

Hewan pemakan daging yang satu ini sering melolong setiap malam. Serigala atau nama ilmiahnya Canis Lupus ini sering memburu berbagai macam jenis hewan, mulai dari burung sampai hewan-hewan pengerat. Hati-hati, kalau makanan serigala menjadi sulit ditemukan maka mereka dapat menjadi sangat buas dan ada kemungkinan akan menyerang manusia untuk dijadikan makanan. Cakarnya yang runcing serta giginya yang tajam merupakan senjata utama untuk para serigala dalam berburu mangsa.

#4. Jaguar

jaguar
sumber: pixabay

Jaguar adalah salah satu dari 3 kucing liar yang ada di dunia, selain singa dan harimau. Habitat utama jaguar ada di wilayah Amerika Tengah, Meksiko Utara, Paraguay sampai Argentina. Hewan yang satu ini mempunyai gigitan yang sangat kuat dan ini merupakan senjata utama jaguar untuk berburu dan menyerang mangsanya. Hewan-hewan yang menjadi makanan kegemaran jaguar antara alin rusa, anjing, tapir, bahkan sampai binatang air seperti ikan.

#5. Elang

elang eagle
sumber: pixabay

Burung pemakan daging yang paling terkenal. Burung elang meruapakan salah satu burung yang mempunyai kemampuan terbang yang sangat baik. Tak hanya bisa terbang dengan tinggi, burung elang juga bisa menukik dengan cepat serta tajam untuk menyerang mangsa-mangsanya. Sejumlah jenis hewan yang sering menjadi mangsa burung elang yaitu ular, tikus, ayam, kelinci,  serta berbagai hewan darat yang lain.