13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Cepat, Mudah dan Ampuh

Posted on

cara menghilangkan kutu kucing  - 13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Cepat, Mudah dan Ampuh

Kenapa Kamu mesti tahu cara menghilangkan kutu kucing? Karena jika kutu kucing dianggap sepele, kutu kucing bisa membuat gatal lalu kucing akan menggaruk bahkan mengigit tubuhnya sendiri. Otomatis jika ini dibiarkan, kulitnya akan lecet atau timbul luka dan nantinya dapat terjadi alergi serta kemungkinan infeksi sekunder.

Kutu pada kucing juga dapat menyerang kita ketika berinteraksi dengan kucing, kutu yang tak terkendali keluar dari tubuh si kucing lalu hinggap ke kulit kita, akhirnya si kutu malahan mengigit kulit kita.

Jadi nggak mau jadi seperti itu kan?

Cara menghilangkan kutu kucing dapat dilakukan di rumah saja tanpa perlu pergi ke dokter hewan tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan akan lebih bagus lagi.

CARA MENGHILANGKAN KUTU KUCING DENGAN CEPAT, MUDAH dan AMPUH!

Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing atau cara membersihkan kutu pada bulu kucing? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan, mulai dari cara yang alami sampai memakai benda/alat tertentu. Cekidot guys cara menghilangkan kutu kucing dengan mudah:

1. Minyak telon

Iya ini serius! Minyak telon ternyata adalah cara praktis untuk mengusir kutu kucing, caranya mudah: tinggal usapkan minyak ke bagian kulit kucing yang ada kutunya.

Tapi ingat ya, jangan kebanyakan, agar sewaktu si kucing menjilat tubuhnya tidak sampai ke bagian yang kita oles.

2. Mandikan kucing memakai sampo khusus

shampo kutu kucing  - 13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Cepat, Mudah dan Ampuh

Mandi adalah kebutuhan yang mesti dipenuhi untuk menjaga kebersihan tubuh kucing, tentunya untuk mengusir serta mencegah kutu nakal. Aktifitas Grooming ini juga salah satu cara yang bagus untuk menghilangkan telur kutu pada kucing.

Oiya, supaya semakin ampuh efeknya ganti shampho biasa dengan shampo anti kutu kucing (kalau bisa yang beraroma lemon). Shampo ini biasanya dapat menghilangkan kutu pada anak kucing.

Supaya si kutu tidak balik lagi ke tubuh si kucing, kamu dapat memakai shampo anti kutu kucing ini ketika mandi sebulan sekali tapi harus konsisten ya supaya hasilnya maksimal.

3. Menyemprotkan air cuka

Kutu sangat tidak suka dengan aroma cuka, kamu dapat menyampurkan air dengan cuka ke dalam panci (perbandingannya 50:50) lalu hangatkan dengan api sedang.

Setelah selesai, taruh aja air yang sudah dicampur cuka ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan di bagian tubuh kucing yang ada kutunya.

Tapi ketika menyemprotkan cairan ini, jangan sampai terkena mata ataupun masuk ke dalam telinga kucing.

4. Menyisir bulu kucing

Menyisir bulu kucing merupakan kegiatan yang cocok banget dilakukan setelah kamu memandikan kucing. Pakailah sisir yang cocok dengan bulu kucingmu, sisirlah si kucing dengan merata supaya kutunya hilang.

Kemudian kalau kamu pengen mencegah si kutu balik lagi ke bulu kucing, sisiri saja kucingmu secara teratur. Menyisir bulu kucing juga cara yang bagus untuk merawat bulu kucing supaya lebat.

5. Memakai semprotan lemon

Alternatif lain untuk membasmi bulu kucing dengan semprotan yaitu memakai semprotan berbahan dasar lemon. Lemon mempunyai kandungan asam sitrat dimana asam ini tidak disukai oleh kutu.

Ambil sebuah lemon, lalu potong jadi 4 bagian dan masukan ke air mendidih. Pastikan ke 4 bagian lemon tersebut terendam air panas. Biarkanlah semalam lalu disaring. Air yang telah disaring tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot.

6. Memakai jus lidah buaya

Jus lidah buaya adalah salah satu obat kutu kucing yang alami dan manjur lho. Cara ini tentulah salah satu cara yang mesti kamu lakukan untuk mengusir kutu kucing.

Lidah buaya dijadikan jus dengan sedikit cabe rawit kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot sebagai semprotan anti kutu kucing.

7. Memakai garam

cara menghilangkan kutu kucing dengan garam - 13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Cepat, Mudah dan Ampuh

Garam juga dapat menghilangkan kutu kucing, khususnya larva serta telur kucing. Caranya tambahkan garam ke air hangat yang cukup, lalu rendam kucing di larutan air hangat yang telah dicampur dengan garam tadi. Tapi jangan sampai tenggelam!

8. Memakai cuka apel

Selain sejumlah jenis semprotan diatas, kamu juga dapat memakai cuka dari sari buah apel. Cuka dari sari apel ini mempunyai bau busuk yang tentunya tidak disukai oleh kutu kucing. Ramuannya memakai sari buah apel dan air dengan perbandingan 2:1.

9. Obat tetes

Kamu bisa menggunakna  obat tetes anti kutu kucing, obat ini hanya digunakan untuk kucing dewasa. Sebelum memakainya kamu wajib membaca aturan pakainya terlebih dahulu dan pastinya jangan banyak-banyak. Obat ini dipakai pada tengkuk atau leher si kucing (supaya kucing tidakmenjilat-jilat).

10. Vaksin Ivermectin

Cara menghilangkan kutu pada kucing bisa juga menggunakan vaksin, ini adalah alternatif yang dapat kamu coba untuk menghilangkan kutu kucing dan wajib dikonsultasikan dengan dokter hewan.

Mayoritas orang mengira jika suntik ivermectin ini berguna untuk mengatasi jamur pada kucing, tetapi faktanya ini untuk membasmi kutu kucing karena Ivermectin tidak dapat membasmi jamur.

Ivermectin dipakai untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing ini. Tapi Ivermectin tidak dapat untuk membunuh telur kutu. Biasanya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3 sampai 4 minggu untuk hasil yang maksimal.

Suntikan ini jangan dipakai untuk anak kucing (dibawah 3 bulan) karena dapat membuat keracunan dan kerusakan pada ginjal.

11. Sisir anti kutu kucing

Ada juga produk sisir yang khusus untuk menghilangkan kutu kucing. Kamu dapat membeli ke petshop terdekat dan memakainya untuk menghilangkan kutu kucing entah sesudah mandi atau katika kamu ada waktu luang.

12. Spray anti kutu kucing

Mirip seperti obat tetes, perlu perhatian dalam pemakaiannya.

13. Membatasi aktifitas di luar rumah

Jika kucingmu sifatnya suka berpetualang, besar kemungkinan kucingmu akan terkena kutu. Kamu dapat membatasi keluarnya kucing tentu saja dengan menutup pintu rumah serta menutup lubang-lubang dimana yang menyebabkan kucing dapat kabur.

4 Kesalahan Mengatasi Kutu Pada Kucing

kutu kucing  - 13 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Cepat, Mudah dan Ampuh

Ada sejumlah kesalahan yang biasanya dilakukan pemilik kucing saat membasmi kutu pada kucing, diantaranya yaitu :

  1. Memakai obat kimia berlebih – Nah kalau ini jelas bener-bener tidak boleh dan harus sesuai dosis cara pemakaiannya, contohnya saja Spray Anti kutu. Jangan semprotkan sampai bulunya basah, cukup sedikit saja. Kalau sampai basah akan berbahaya untuk kucing.
  2. Memberikan bedak – Kenapa tidak boleh? Banyak kasus dimana sesudah kucing diberikan bedak dan kemudian dimandikan, kucing muntah-muntah dan malah alergi. Jadi sebaiknya pemakaian bedak untuk membasmi kutu kucing ini distop alias jangan dilakukan.
  3. Obat kimia – jangan memakai obat kimia untuk menghilangkan kutu pada kucing. Kalaupun mau memakai obat usahakan yang dianjurkan dokter.
  4. Minyak kayu putih – mungkin minyak kayu putih ampuh untuk menghilangkan kutu kucing, tetapi kami tidak menyarankannya. Jika kamu oleskan ke daerah kulit si kucing, ada kesempatan si kucing akan menjilat daerah tersebut dan efeknya buruk untuk si kucing. Salah satu efeknya jika menjilat kayu putih dia jadi tidak mau makan dan muntah.

Cara menghilangkan kutu kucing di sekitar rumah

  • Tanah diatom – tanah diatom sangat berguna untuk mengusir kutu kucing dari sekitar rumah, kamu dapat membeli jenis tanah ini di petshop atau di onlineshop terpercaya. Untuk pemakainnya tinggal taburkan sedikit di lingkungan tempat tinggal serta kandang si kucing
  • Membersihkan lingkungan – Ini sebenarnya harus dilakukan ya, baik mempunyai kucing atau tidak kamu wajib menjaga kebersihkan lingkungan. Jika lingkungan bersih, kecil kemungkinan si kutu akan menyerang lingkungan kita serta si kucing.

Dalam melakukan cara menghilangkan kutu kucing harus konsisten sabar. Pemakaian obat kimia mungkin tidak masalah, tapi lebih baik selesaikan terlebih dahulu dengan secara alami atau tak terlalu bergantung pada obat kimia.

Selain itu perhatikan juga kesehatan tubuh kucing, banyak yang berkata kalau kucing yang sehat akan semakin terhindar dari kutu kucing. Jadi berikanlah makanan kucing yang terbaik ya.

Kalau kamu sudah tahu bagimana buruknya jika kucing kita penuh dengan kutu, lakukanlah tindakan pencegahan dan tentu saja rawatlah dengan baik kucingmu.