10 Tips Efektif Perawatan Burung Kenari Buat Pemula

Posted on

6. Jagalah sangkar Kenari selalu bersih

Rajin-rajinlah membersihkan sangkar burung Kenari supaya kondisi burung Kenari selalu sehat. Usahakan membersihkan kotoran burung Kenari setiap hari. Disamping itu, tempat pakan dan air minum harus rutin dibersihkan serta diganti.

Bersihkan juga kayu tenggeran burung memakai sikat gigi. Kayu tenggeran atau tangkringan burung sering terkena kotoran burung sehingga berpotensi terkontaminasi bakteri serta virus berbahaya.

7. Gunakan obat burung untuk mencegah kutu pada Burung Kenari

mengobati parasit pada kenari
mengobati parasit pada kenari

Burung Kenari terkadang mendapatkan ancaman dari parasit berbahaya seperti kutu dan tungau. Parasit ini dapat menyerang dari dalam tubuh atau luar tubuh Kenari.

Parasit yang menyerang dari dalam tubuh yaitu cacing serta tungau kantung udara. Parasit yang menyerang dari luar tubuh yaitu tungau merah serta tungau kaki.

Belilah obat untuk mencegahnya di pet shop atau toko pakan burung langganan.

8. Potonglah kuku Burung Kenari yang sudah panjang

Umumnya, burung Kenari yang sudah berumur 1 tahun, kukunya akan nampak panjang. Kuku burung Kenari yang panjang harus segera dipotong. Sebabnya, kuku tersebut bisa melukai pasangan burung Kenari kalau burung tersebut akan ditangkarkan atau dijodohkan.

Berhati-hatilan dalam memotong kuku burung karena di dalam kuku burung ada jalur darah (hyponychium). Supaya proses pemotongan kuku tak menyakiti burung peliharaanmu, ikutilah tips dibawah ini:

  • Cucilah kedua kaki burung memakai sabun serta air bersih.
  • Arahkan kuku burung ke tempat yang terang atau sumber cahaya. Nah, dari situ nanti dapat kelihatan mana jalur darah yang berada di dalam kukunya.
  • Lalu, segera potong kuku burung yang panjang pada bagian yang tak dialiri jalur darah. Potong dengan posisi beberapa milimeter (mm) dari jalur darah. Potonglah memakai pemotong kuku ataupun gunting yang tajam.

9. Berikan mineral untuk Burung Kenari secukupnya

Sama kayak vitamin, mineral juga terdiri dari puluhan jenis, mulai dari zat besi (ferum), kalsium, seng (zincum), kalium, magnesium, fosfor, serta lain sebagainya. Kalau kekurangan salah satu jenis saja, maka si burung akan mengalami defisiensi mineral sesuai dengan jenisnya. Umunya para kicau mania memakai tulang sotong sebagai asupan mineral.

10. Berikan multivitamin dan suplemen untuk Burung Kenari

multivitamin dan suplemen kenari

Ketika kamu memberikan pakan mulai dari biji-bijian, egg food, sayuran, serta buah-buahan, sebenarnya ada kandungan sejumlah vitamin penting di dalamnya. Tetapi terkadang kita, sebagai awam, tidak mungkin dapat mengukur berapa kandungan setiap jenis vitamin yang telah masuk ke organ pencernaan burung. Bahkan kita tidak dapat memastikan apakah jenis vitamin tertentu terkandung dalam pakan yang kita berikan.

 

Karenanya untuk memastikan kelengkapan asupan vitamin si Kenari maka diberikan suplemen dan multivitamin. Kedua benda tersebut bisa didapatkan di toko pakan burung langganan kamu.

Itulah tadi 10 tips perawatan burung Kenari bagi pemula yang baru pertama kali memelihara burung. Semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian.