10 Tips Efektif Perawatan Burung Kenari Buat Pemula

Posted on

perawatan burung kenari

Semakin hari semakin banyak masyarakat yang gemar memelihara burung Kenari, sehingga membuat orang lain jadi ikut-ikutan untuk memeliharanya. Bagi kamu yang termasuk kategori orang yang hanya ikut-ikutan memelihara burung Kenari, ada baiknya kamu belajar bagaimana cara perawatan burung Kenari .

Ini hal penting, karena jika ilmu dasar mengenai memelihara burung tak dipelajari, maka dapat dipastikan burung tersebut tak akan bertahan lama. Bahkan, kamu mungkin tak pernah dapat mendengarkan suara merdunya disebabkan perawatan yang kamu berikan kurang tepat.

Tapi jangan kuatir, kami memberikan sejumlah tips tentang merawat burung Kenari untuk orang awam atau pemula supaya kamu dapat merawat burung Kenari dengan baik dan benar. Berikut ini 10 tips perawatan burung Kenari yang wajib kamu ketahui.

1. Jauhkan burung Kenari dari sinar matahari langsung

Burung Kenari yang terkena sinar matahari langsung, terlebih ketika cuaca terik, dapat berakibat fatal, bahkan yang paling parah bisa menyebabkan kematian karena serangan heat stroke.

Jika kamu mau menjemur burung Kenari, lakukanlah saat pagi hari ketika matahari terbit dan sore hari saat matahari mulai terbenam.

Apakah boleh menjemur Kenari di siang hari? Boleh saja, tapi pastikan kamu selalu memantaunya. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi burung Kenari tetap dalam kondisi sehat atau malah justru kepanasan.

Contohnya, jik si burung Kenari sudah kelihatan terengah-engah, maka segeralah angkat dan dinginkan burung itu.

2. Menjauhkan burung Kenari dari hembusan angin kencang

Kamu dapat menggantung sangkar burung Kenari di mana saja. Tapi pastikan jangan terkena hembusan angin kencang karena burung akan lebih mudah terserang penyakit.

Jangan letakan burung Kenari dekat jendela atau depan jendela, lubang udara, maupun kipas angin atau pendingin ruangan. Nyalakan lilin sebagai indikator dari arah mana angin berhembus kencang atau tidak.

Kalau nyala api lilin bergerak-gerak, bertanda angin sedang tak bersahabat dan kamu harus segera memindahkan sangkar burung Kenari ke tempat yang anginnya tidak kencang.

3. Berikan air bersih untuk Burung Kenari

Sebagai informasi, burung Kenari mempunyai metabolisme yang sangat tinggi. Dia tak dapat hidup tanpa air lebih dari 24 jam. Karenanya, sebisa mungkin berikan air bersih setiap hari. Serta, jangan lupa untuk mengganti air setiap hari supaya kualitas air minum burung Kenari tetap terjaga.

Lalu, jenis air minum apa sih yang baik untuk burung Kenari? Beberapa kicau mania umunya memberikan air mineral kemasan bermerek ataupun air isi ulang, supaya air benar-benar bersih serta terbebas dari kuman.

Ada baiknya kamu tidak memberikan air kran atau ledeng yang mengandung banyak kaporit. Disamping berbahaya, air tersebut belum dapat dipastikan apakah bersih atau tidak. Meskipun dari luar kelihatan bersih, bisa saja air tersebut mengandung zat-zat mapun bakteri yang berbahaya untuk burung Kenari.

4. Berikan pakan biji-bijian untuk Burung Kenari

biji-bijian (canary seed)
biji-bijian (canary seed)

Oh ya jangan lupa, berikanlah pakan biji-bijian. Tidak usah terlalu banyak, yang terpenting pakan biji-bijian dapat mencukupi kebutuhan si burung Kenari saban harinya.

Lalu pakan biji-bijian yang cocok untuk Kenari apa sih? Gunakanlah Canary seed, niger seed, millet, serta pakan kombinasi (campuran dari ketiganya).

Selain itu, usahakan agar wadah pakan burung Kenari selalu dalam keadaan kering. Tujuannya untuk menghindari jamur ke pakan burung.

5. Berikan pakan tambahan untuk Burung Kenari

Tidak hanya pakan biji-bijian, kamu dapat menambahkan berbagai pakan lain, seperti telur yang kaya protein serta buah dan sayuran hijau yang baik untuk kesehatan si burung Kenari.

Sayuran hijau yang dianjurkan untuk Kenari yaitu selada, krokot, wortel, brokoli, kemangi, dan lain-lainnya.

Sedangkan, buah-buahan yang baik untuk Kenari yaitu buah apel serta mengkudu.